by

Tangkal Virus Corona Dengan Konsumsi Yoghurt Tiap Hari

MARGOPOST.COM | Bogor – Diketahui bersama beberapa waktu terakhir ini virus corona dianggap sebagai virus yang paling ditakuti. Didukung dengan perubahan cuaca yang juga dapat memicu munculnya virus flu lainnya menjadikan masyarakat perlu menjaga kekebalan tubuhnya agar tetap sehat. Sistem ketahanan dan kekebalan tubuh menjadi kunci utama bagi manusia untuk menangkal berbagai penyakit. Salah satu cara untuk menguatkan imunitas atau kekebalan tubuh adalah memperhatikan asupan gizi yang baik untuk tubuh.
Salah satu pangan yang mengandung nutrisi yang baik adalah yoghurt. Yoghurt merupakan pangan fungsional dari produk fermentasi susu yang sudah dikenal luas oleh masyarakat dan mudah ditemui diberbagai tempat, mulai dari pusat perbelanjaan modern seperti mall, ataupun pasar trandisional bahkan hingga warung sekalipun kita dapat menemukannya. Salah satu yang mendukung hal ini adalah tindak lanjut dari para alumni pelatihan yang diselenggarakan di BBPKH Cinagara Bogor untuk menyediakan pangan sehat dan terjangkau bagi masyarakat.
Melalui konsumsi yoghurt masyarakat dapat memenuhi kecukupan gizinya, sehingga masyarakat memiliki imunitas tubuh yang baik. Hal ini dikarenakan yoghurt mengandung sejumlah probiotik berperan sebagai penangkal penyakit, nutrisi protein hewani yang lengkap sekitar 1,5 gram protein per ons yoghut, berbagai vitamin dan mineral seperti halnya yang kalsium, vitamin B2, B12, fosforus, potasium, dan magnesium. Sederet manfaat yoghurt untuk kesehatan tubuh bukan rahasia lagi diataranya membantu gangguan pencernaan, mencegah osteoporosis, memperkuat sistem kekebalan tubuh karena kandungan probiotik di dalamnya dapat membantu untuk mencegah dan mengobati flu akibat virus, dan menunda lapar .
Melihat beberapa manfaat yoghurt tersebut dan minimnya efek samping yang ditimbulkan, dapat dipertimbangkan memasukkan yoghurt dalam daftar menu harian, terutama pada kondisi sekarang ini yang menuntut kondisi badan tetap prima, dan jangan lupa terapkan pola hidup sehat yang dianjurkan, seperti cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, social distancing, physical distancing, dengan tetap dirumah selama masa karantina, untuk bersama melawan virus corona. Staysafe, stayhealthy
Hj. Elies Lasmini, S.Pt.,M.Si Widyaiswara Ahli Madya BBPKH Cinagara Bogor (30/03/2020)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed