Manfaat Hijauan (Rumput Odot Dan Legum Indigofera) Untuk Ayam Buras Kub Dan Sensi

MARGOPOST.COM | Bogor – Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara Bogor sedang memelihara atau membudidayakan ayam buras jenis KUB dan SenSi, yang saat ini (Bulan Maret 2019) sudah berumur 5 bulan (periode dara atau menjelang dewasa), dan mulai bulan ke-6 (Bulan April 2019) akan mulai belajar bertelur.
“Pakan yang diberikan sebelumnya berupa campuran antara dedak padi dan konsentrat pabrik, tetapi mulai bulan ke-6 akan diganti dengan pakan khusus petelur. Keragaman pakan ayam buras (KUB dan SenSi) sangat dibutuhkan,” ujar Widyaiswara BBPKH, Dayat Hermawan, S.Pt, M.Si., Jumat (15/03/2019).
“Oleh karena itu, untuk menunjang performannya, selain diberikan pakan konsentrat pabrik, akan diberi pula pakan jenis lain yaitu hijauan dari jenis rerumputan (Gramineae) Odot dan kekacangan (Leguminoseae) Indigofera,” kata Dayat.


Beberapa manfaat pemberian pakan hijauan pada ayam buras KUB dan SenSi, sebagai berikut ; 1. Sebagai sumber protein nabati karena kandungan protein legum indigofera sekitar 23% dan rumput odot sekitar 18%; 2. Secara umum hijauan mengandung karotenoid (karoten dan xantofil) yang dapat meningkatkan warna yolk (kuning telur) menjadi lebih gelap, atau berwarna jingga. Selain itu, hijauan juga dapat digunakan sebagai sumber vitamin A; 3. Memperbaiki kualitas pakan, terutama palatabilitasnya karena pakan lebih beragam sehingga ayam mempunyai banyak pilihan sumber pakan; 4. Memperbaiki kualitas nutrisi serat kasar, yang dapat menimbulkan rasa kenyang (bulky) dan menggumpalkan feces (atau tidak encer).
“Dengan pemberian hijauan dalam pakan ternak diharapkan akan meningkatkan performa dari ayam KUB dan SenSi untuk menghasilkan produk yang dihasilkan secara lebih baik dan berkualitas,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *