Fieldtrip Mahasiswa FKH UNAIR Melihat Potensi Ayam KUB di BBPKH Cinagara

MARGOPOST.COM | Bogor – Jumat (11/01/2019) Mahasiswa semester dua jurusan Pendidikan Dokter Hewan Universitas Airlangga Surabaya melakukan field trip ke Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara – Bogor. Kegiatan field trip ini dilakukan tidak hanya untuk mengisi waktu libur antar semester saja namun juga untuk melihat prospek dokter hewan ke depan.
“Tujuan kami melakukan kunjungan ke BBPKH Cinagara-Bogor karena sebagai calon dokter hewan kami ingin memiliki wawasan tambahan mengenai profesi dokter hewan serta wilayah cakupan kerjanya” Ujar Kamila Nurizza, salah satu mahasiswa peserta kunjungan.
Selama kunjungan, mahasiswa diperkenalkan tentang profil BBPKH kemudian diantar berkeliling ke instalansi kandang yang dimiliki balaI. Salah satu instalasi yang menarik minat para mahasiswa adalah Ayam KUB (Kampung Unggul Balitbangtan) yang sedang ramai dibicarakan. Ayam KUB merupakan ayam kampung unggul yang telah mengalami seleksi enam generasi oleh Balitbangtan Kementerian Pertanian. Ayam kampung jenis KUB ini memiliki karakteristik lebih tahan dari serangan penyakit dan produksi telur yang lebih tinggi dibandingkan ayam kampung pada umumnya. Keunggulan yang dimiliki ayam KUB ini membuat Kementerian Pertanian membagikan bibitnya ke masyarakat umum melalui program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA).
Di BBPKH Cinagara – Bogor, ayam KUB sedang dilakukan inovasi pakan dengan pemberian pakan tambahan Rumput Odot dan Indigofera. Rumput Odot dan Indigofera selama ini dikenal sebagai hijauan yang disenangi hewan ruminansia karena kandungan proteinnya yang tinggi.
“Sebagai mahasiswa semester dua, kami beruntung telah mengenal Ayam KUB lebih dahulu dari pada teman-teman kuliah kami yang lainnya” Ujar Ridhlo Aulia Anggara. “Spesial sekali di BBPKH Cinagara – Bogor ini sedang melakukan kajian dengan memberikan tambahan hijauan seperti Indigofera dan Rumput Odot sebagai tambahan protein untuk ayam KUB. Semoga hasil kajiannya dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat luas” Tambah Ridhlo. (FR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *