by

Dukung SIKOMANDAN BBPKH Cinagara Tingkatkan Kapasitas JULEHA

MARGOPOST.COM | Bogor – Kementerian Pertanian di tahun 2020 terus berupaya menggenjot produksi sapi dan kerbau sebagai komoditas ternak andalan melalui program SIKOMANDAN. Peran Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara sebagai Balai Pelatihan dalam mendukung SIKOMANDAN adalah peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam bidang peternakan. Salah satu pelatihan yang diselenggarakan adalah Pelatihan Vokasi Juru Sembelih Halal (JULEHA). Pelatihan ini adalah pelatihan peningkatan kapasitas JULEHA, sehingga produk daging dari sembelihan ternak berkualitas dan memenuhi pangan yang Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH).
Pelatihan diselenggarakan mulai tanggal 24 s.d 27 Februari 2020 di BBPKH Cinagara dengan jumlah peserta 30 orang. Peserta berasal dari RPH/RPU beberapa propinsi yaitu Propinsi Sulawesi Tenggara, Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Barat.
“Pelatihan Vokasi Juru Sembelih Halal di BBPKH Cinagara sebagai upaya peningkatan kapasitas JULEHA di RPH/RPU merupakan pelatihan yang sangat penting dilakukan karena JULEHA adalah penentu awal kehalalan daging dari hasil sembelihan hewan yang disembelih”, ungkap Kepala BBPKH Cinagara (Drh. Wisnu Wasisa Putra, MP.).
“Oleh karena itu kami berharap seluruh peserta memanfaat moment pelatihan ini dengan sungguh sungguh, baik teori maupun praktek sehingga benar benar dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan yang dapat diterapkan di tempat kerjanya masing masing”, tutup Wisnu.


“Issue kehalalan akhir akhir ini semakin populer, dimana pemerintah terus berupaya mensosialisasikan dan mewujudkan produk2 yang halal disamping itu juga tuntutan masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya produk halal dalam mengkonsumsi makanan”, ungkap Widyaiswara BBPKH Cinagara (Drh. Heris Kustiningsih, M.Sc).
“Oleh karena dengan terselenggarakannya Pelatihan Vokasi Juru Sembelih Halal kami berharap semakin banyak SDM JULEHA tersebar di berbagai wilayah yang mampu menghasilkan sembelihan yang halal dan mampu mensosialisasikan tentang pentingnya sembelihan halal bagi masyarakat”, lanjut heris.
“Saya bersyukur akhirnya saya dipanggil untuk mengikuti Pelatihan Vokasi Juru Sembelih Halal angkatan 4 di BBPKH Cinagara. Saya menunggu panggilan mengikuti pelatihan ini sejak Pelatihan angkatan 1”, ungkap Priyo (Salah satu peserta dari Yogyakarta).
“Banyak ilmu yang saya dapatkan dari Pelatihan ini, saya bercita-cita memiliki RPH kedepannya. Aamiin”, tutup Priyo.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed