Udang dan Cumi-Cumi Jadi Primadona Produk Perikanan Ekspor Jateng

MARGOPOST.COM  |  SEMARANG – Komoditas udang dan cumi-cumi masih menjadi primadona ekspor perikanan di Jawa Tengah. Hal ini ditunjukkan dengan tren positif ekspor udang mencapai 22% dan cumi-cumi 18% dari total hasil perikanan di Jawa Tengah.

Kepala Balai Karantina Ikan Kelas II Tanjung Emas Semarang, Raden Gatot Perdana menyebut komoditas udang dan cumi-cumi saat ini menjadi andalan ekspor perikanan Jawa Tengah. Pasalnya kedua komoditas tersebut amat digemari masyarakat, terutama di luar negeri.

“Ekspor hasil perikanan di Jateng terus alami kenaikan namun kami belum mengetahui secara pasti berapa kenaikkan ekspor ikan karena masih dalam proses perhitungan, yang jelas udang dan cumi masih mendominasi,” ungkap Gatot pada Senin (19/3).
Meningkatnya ekspor udang dan cumi-cumi dapat dilihat dari total ekspor ikan selama Februari 2018, yakni mencapai 1.823 ton dan menghasilkan pendapatan sebesar Rp165 miliar. Jumlah ini terhitung cukup banyak, meskipun selama Februari banyak nelayan yang tidak melaut akibat cuaca buruk.

Sementara itu, Amerika Serikat, Jepang, dan Tiongkok masih menjadi negara tujuan ekspor terbesar hasil perikanan Jawa Tengah. Masing-masing negara menjadi tujuan ekspor hasil perikanan yakni udang dan cumi-cumi dalam jumlah besar untuk dikonsumsi.
“Amerika, Jepang, dan China masih jadi tujuan ekspor kami kebanyakan dari mereka menyukai udang dan cumi Indonesia untuk dijadikan beberapa olahan makanan,” ujar lelaki yang akrab disapa Gatot ini.

Komoditas udang dan cumi-cumi didapat dari beberapa nelayan di Pantura Jateng dan Kawasan Indonesia Timur. Khusus Indonesia Bagian Timur, udang dan cumi-cumi dikirim ke Semarang, kemudian dilanjutkan dikirim ke luar negeri.

“Permintaan yang banyak dari dalam maupun luar negeri menjadi penyebab naiknya nilai jual udang dan cumi-cumi. Selain itu, pengiriman udang dan cumi-cumi juga dipengaruhi oleh cuaca yang seringkali berubah akhir-akhir ini,” tutupnya.//ratu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *