by

KETEGORI KESENIAN BUDAYA KHAS PROVINSI DKI JAKARTA ADA ORKES SAMRAH

MARGOPOST.COM | JAKARTA – Ketegori Kesenian Budaya Khas , Asal Budaya Provinsi DKI Jakarta, Waktu Perayaan ; Orkes ini dimanfaatkan sebagai sarana hiburan dalam berbagai acara untuk menyanyi dan menari terutama pada acara pernikahan adat Betawi, khitanan, maulid nabi, serta peringatan keagamaan lainnya.

Di kesenian Betawi, Samrah terbagi menjadi Orkes Samrah, Tonil Samrah dan Tari Samrah. Orkes Samrah adalah ansambel musik Betawi. Alat-alat musik yang digunakan adalah harmonium, biola, gitar, string bas, tamburin, marakas, banyo dan bas betot. Kadang-kadang juga dilengkapi rebana atau gendang.

Orkes Samrah sering disebut Orkes Harmonium karena unsur alat musik harmonium yang sangat dominan berkembang di Batavia sejak abad ke-17. Kesenian ini dibawa oleh orang-orang Melayu yang datang dan tinggal menetap di Batavia waktu itu. Alasan lain bahwa suku yang menjadi cikal bakal orang Betawi adalah Melayu juga cukup kuat.

Dalam hal kostum, para pemain Orkes Samrah memakai peci, jas, kain sarung pelekat atau baju sadariah dan celana batik. Sekarang ditambah lagi satu model yang sebenarnya model lama, “jung serong” (ujungnya serong), yang terdiri dari tutup kepala yang disebut liskol, jas kerah tutup dengan celana pantalon satu warna dan sepotong kain batik yang dililitkan dibawah jas dan dilipat menyerong dengan ujungnya menyembul ke bawah. |ppt

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed