by

Jalan Paling Berbahaya Di Dunia “Jalan Kematian”Di Bolivia

MARGOPOST.COM | – Jalanan berkelok apalagi dengan panorama indah dilihat mata pegunungan nampaknya jadi momen yang paling dinikmati para traveler. Tetapi, lain ceritanya jika perjalanan kamu harus melihat dan melewati Death Road atau Jalan Kematian di Bolivia.Apakah anda Tertarik?

Kelokan jalan Kematian merupakan sebutan bagi Jalan Yungas di Bolivia. Jalan yang paling berbahaya di dunia ini menyuguhkan panorama pegunungan yang cantik tetapi Anda harus siap memacu adrenalin jika berani untuk melewati rute tersebut.

Akan tetapi Yungas menjadi jalan yang menghubungkan ibukota Bolivia, La Paz dengan dataran rendah Yungas yang berada di Hutan Amazon.
Untuk sampai ke jalur ini, terlebih dahulu harus melintasi Gunung Cordillera Oriental.

Meski sangat berbahaya, para pencari sensasi dari seluruh dunia tetap antusias dan tertarik untuk menjajal jalan berbahaya tersebut. Adapun salah satu kegiatan yang selalu diadakan di sana, yakni bersepeda menyusuri “Jalan Kematian” seperti kompetisi Skyrace.

Jalan ini sangat berbahaya karena berkabut sepanjang 69 kilometer, terkadang tanah longsor dan salah satu sisi jalanpun langsung tertuju ke jurang sedalam 610 meter di setiap belokan. Kedua jalan sisinya begitu mencekam, terlebih lagi lebar jalan ini menjadi masalah tersendiri karena hanya selebar 3 meter untuk dilalui dua arah.

“Banyak salib berdiri di setiap pinggir jalan sebagai tanda bagi mereka yang telah terjadi celaka di sana. Hampir 300 pengemudi terbunuh di sini setiap tahun. Tidak heran jalan ini mendapatkan julukan itu.”

Sejarahnya Jalan Death Road sendiri dibangun oleh para tahanan Paraguay dengan cara membelah sisi pegunungan yang curam, saat itu Perang Cahaco tahun 1930. Jalan ini menghubungkan La Pas ke kota Coroico. Dan dikelilingi oleh daerah pegunungan, jalan membentang sangat jauh untuk menghubungkan hutan hujan Amazon dengan ibu kota.

“Hingga tahun 2006, Yungas adalah jalan satu-satunya pilihan untuk bepergian dari Coroico ke La Paz. Dan jalan itupun tidak lebih luas dari satu jalur dan digunakan oleh kendaraan apa pun yang ingin melakukan perjalanan.Pada akhirnya, pada tahun 2009, pemerintah membangun jalan baru di dekat pegunungan. Jalan raya baru memiliki dua jalur dan telah dipelihara dengan baik.”

Apakah jalan ini masih paling berbahaya di dunia? Mungkin iya,tetapi selama kamu tetap berada di sisi jalan dan melanjutkan perjalanan dengan hati-hati maka menelusuri “Jalan Kematian” pasti memberikan sensasi, jika Anda hendak berlibur ke Bolivia. Bagaimana, Apakah Anda berani mencoba?./ppt

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed