by

Workshop Fasilitator Pelatihan di Indonesia One Health Unoversity Network (INDOHUN) Universitas Indonesia

MARGOPOST.COM | Bogor – Workshop Fasilitator diselenggarakan oleh INDOHUN di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia pada Pelatihan Investigasi KLB/ Wabah Terpadu dengan Pendekatan One Health Bagi Petugas Epidemiologi Lapangan pada hari Senin tanggal 6 Mei 2019. Workshop diselenggarakan dengan tujuan membekali Tutor dan Fasilitator dalam mengelola pelatihan on kelas dan lebih khusus pelatihan on line.
“Pelatihan ini terlaksana atas kerjasama antar INDOHUN, Kementerian Kesehatan, BBPK Ciloto, Kementerian Dalam Negeri, Kementetian Pertanian dan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara Bogor. BBPKH Cinagara sangat memsuport Pelatihan ini. Dua orang Widyaiswara ditugaskan untuk mengawal keberlangsungannya Pelatihan ini, mulai dari perencanaan, persiapan-persiapan, penyusunan modul, menjadi fasilitator dan tutor, serta pendampingan pelaksanaan pelatihan. Pelatihan secara on line telah dibuka mulai tanggal 29 April s.d 22 Juni 2019. Jumlah peserta 34 peserta dari Dinas Kesehatan dan Dinas Peternakan di Propinsi Sumatera Barat,” tutur drh. Heris Kustiningsih salah satu tutor dari BBPKH Cinagara, Kamis (09/05/2019).
Selama pelatihan on line seluruh peserta wajib mengikuti seluruh tahapan dan materi pelatihan yang telah dijadwalkan. Pelatihan on line akan dikelola oleh admin dan di bimbing oleh Tutor sesuai dengan jadwal materi yang tertera dalam jadwal pelatihan.
Selama pelatihan on line peserta akan dinilai dari beberapa aspek yaitu kehadiran/ keaktifan secara on line, dan penyelesaian terhadap tugas- tugas yang diberikan. Peserta yang mencapai nilai > 70 yang dinyatakan lulus pelatihan secara on line yang dapat mengikuti latihan secara on Class. Pelatihan on class direncanakan akan dilaksanakan tanggal 1-4 Juli 20 19 di Payakumbu Sumatera Barat.
“Pelatihan Investigasi KLB/ Wabah Terpadu dengan Pendekatan One Health Bagi Petugas Epidemiologi Lapangan secara on line/latihan jarak jauh ini adalah pelatihan perdana saya berharap pelatihan yang dilaksanakan di Sumatera Barat ini bisa berjalan dengan baik dan lancar” ungkap Prof. Agus Swandono dari pihak INDOHUN.
“Jika Pelatihan On line/ latihan jarak jauh pada Pelathan ini berjalan baik dan lancar, ini adalah terobosan dan solusi baru pada Pelatihan ini. Sehingga peserta dapat materi secara utuh dan lengkap walaupun pertemuan on classnya hanya 4 hari. Selain itu juga terdapat penghematan anggaran yang cukup besar dan pelatihan dapat dilaksanakan secara parallel. Saya bersyukur terlibat sebagai Tutor dalam pelatihan ini,” tutup Heris

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed