by

Widyaiswara BBPKH Cinagara Uji Kompetensi Profesi level Operator di SMKPPN Kupang

MARGOPOST.COM | Bogor – Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian Negeri (SMKPPN) Kupang mengadakan uji kompeternsi level operator bidang ternak organik dan tanaman organik. Operator pakan ternak organik, operator bibit ternak organik dan operator benih tanaman organik merupakan tiga jenis uji kompetensi yang dilaksanakan dilaksanakan pada tanggal 8 s.d 11 Mei 2019 di SMKPPN Kupang.

Peserta yang mengikuti uji kompetensi ini adalah siswa dan siswi SMKPPN Kupang kelas 12 sebanyak 82 orang dengan rincian untuk operator pakan ternak organik sebanyak 42 orang peserta, operator bibit ternak organik sebanyak 25 orang peserta dan untuk operator benih tanaman organik berjumlah 15 orang siswa dan siswi SMKPPN Kupang .

Asesor yang menguji sudah ditentukan dari LSP Pertanian sebanyak 10 orang asesor yang berasal dari BBPKH Cinagara Bogor, BBPP Batu Malang, Polbangtan Malang, BBPP Ketindan Malang, Direktorat Tanaman Pangan kementerian pertanian dan dari asesor produksi bidang perbenihan. Ujar Yuniawan Widyaiswara BBPKH Cinagara
Sebelum kegiatan pra asesmen dimulai , siswa dan siswi SMKPPN Kupang kelas 12 memperoleh materi pembekalan selama dua hari yang berkaitan dengan uji kompetensi yang akan mereka laksanakan.

Kegiatan dimulai dari Konsultasi Pra Asesmen (KPA), kemudian dilanjutkan dengan kegiatan asesmen ujian tulis dan ujian praktek oleh asessor kepada siswa dan siswi yang ikut uji kompetensi , keputusan asesmen dan diakhiri dengan laporan meninjau asesmen. Dari semua hasil kegiatan yang dilakukan asesor bisa menentukan kompeten atau tidak kompeten siswa dan siswi yang sudah ikut uji kompetensi sertifikasi tersebut tutup wawan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed