by

WIDYAISWARA BBPKH CINAGARA MENGISI KEGIATAN DI BULAN RAMADHAN DENGAN MENINGKATKAN KOMPETENSINYA

MARGOPOST.COM | Bogor – Bulan Ramadhan adalah bulan yang diberkati oleh Allah SWT. Orang berbondong –bondong meningkatkan mutu ibadahnya agar menjadi insan yang bertakwa. Widyaiswara dan Calon Widyaiswara BBPKH menjadikan momen bulan ramadhan tahun ini selain untuk meningkatkan ibadahnya juga meningkatkan kompetensinya. Salah satunya dengan kegiatan seminar kajian widyaiswara. Kegiatan seminar dimulai dari drh. Dwi walid Retnawati, M.Sc dengan judul “ Gambaran Mineral Ca, P, Mg dan K Terhadap Kasus Distokia, Retensi Plsenta dan Anestrus pada Sapi PFH” dilanjutkan oleh Adi Rakhman S.Pt, M.Si dengan judul “ Respon Fisiologi Sapi PFH Dengan Managemen Waktu Pemberian Pakan dan Penggunaan Minyak Kelapa pada konsentrat”.


Dengan kesimpulan seminar pertama adalah “Gambaran hematologi pada kasus distokia dan retensi plasenta mengalami penurunan sedangkan pada kasus anestrus mengalami kenaikan terhadap sapi kontrol, Gambaran mineral kadar Ca mengalami penurunan sedang kadar P, Mg dan K mengalami peningkatan pada kasus distokia, retensi plasenta dan anestrus dan Korelasi hematologi dan kadar mineral pada kasus distokia dan anestrus mempunyai korelasi lemah sedangkan pada kasus retensi plasenta mempunyai korelasi kuat” dan kesimpulan seminar ke-2 adalah “ Respon Fisiologi lebih rendah (dalam kisaran normal) dan pertambahan berat badan pada sapi dara peranakan FH yang diberikan perlakuan hari gelap dibanding hari terang atau diberikan pakan kosentrat yang di tambah minyak kelapa”
Kegiatan seminar ini di hadiri oleh seluruh Widyaiswara dan calon widyaiswara. Semoga kegiatan seminar kajian wisyaiswara ini bisa di implementasikan di BBPKH dan bila memungkinkan di intasi lainnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed