by

Widyaiswara BBPKH Cinagara mengikuti Koordinasi Perencanaan Pelatihan yang Diselenggarakan oleh Puslatan Kementan RI

MARGOPOST.COM | Bogor – BBPKH Cinagara mengirimkan dua widyaiswara, drh. Dwi Windiana, M. Si. dan drh. Nafrina Laniari, M.Si., dan satu calon widyaiswara (cawid), Adi Rakhman, S.Pt., M.Si untuk mengikuti kegiatan koordinasi perencanaan pelatihan yang diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan Pertanian, Kementerian Pertanian RI. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 24 – 26 Februari 2020 di Ruang Rapat Parigi, Hotel Santika, Serpong. Acara tersebut dibuka oleh Kapuslatan, Ir. Bustanul Arifin Caya, M.D.M.

Koordinasi tersebut bertujuan untuk menyusun paket pelatihan di bidang pertanian yang nantinya paket pelatihan tersebut akan digunakan saat memberikan pelatihan pada para petani di Indonesia. Pada hari pertama, acara berupa penyampaian materi dari Kepala Bidang Program dan Kerjasama, Puslatan Ramadani Saputra, Pada hari kedua, acara berupa kunjungan lapang ke BPP Mekanisasi Pertanian, dengan mendengarkan ceramah dari para pembicara mengenai prinsip kerja alat mesin pertanian untuk pra panen, pasca panen, dan pengolahan. Para peserta juga melaksanakan praktek mengoperasikan alat penanam benih di tempat workshop BPP Mekanisasi Pertanian.

Pada hari kedua tersebut, para peserta dibagi kedalam 3 kelompok untuk menyusun paket pelatihan dengan tema pascapanen dan pengolahan, pemasaran, dan pendanaan untuk kegiatan pertanian. Pada hari terakhir, dilakukan pemaparan paket pelatihan yang telah dibuat, untuk selanjutnya diedit dan dibuat sebagai bahan saat memberikan pelatihan di Petani.

Paket pelatihan tersebut berguna untuk para petani dalam melakukan kegiatannya, terutama pada kegiatan hilirisasi yang saat ini lebih ditekankan oleh pemerintah untuk meningkatkan nilai tambah produk pertanian.

Kegiatan tersebut juga diharapkan dapat sangat mendukung program BPPSDMP yaitu Kostratani dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan produk pertanian Indonesia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed