by

Waspada Kanker Sejak Dini, Cek Kesehatan Sekarang Juga!

 MARGOPOST.COM |

 “Kanker, Pengancam Kesehatan Nomor Dua di Dunia”.

Tahukah Anda jika kanker berada di urutan nomor dua penyebab kematian di dunia? Walaupun penyebab pasti timbulnya penyakit ini sulit untuk dipastikan, namun Anda harus mengetahui jika terdapat beberapa faktor risiko timbulnya kanker seperti pola makan dan kurangnya menjaga kesehatan. Pertumbuhan sel-sel tubuh yang tidak normal dapat menyebabkan sel kanker tumbuh dengan subur sehingga sangat berisiko membahayakan nyawa. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui apa saja macam-macam kanker serta gejalanya.

Kanker yang Banyak Terjadi di Indonesia

Dalam beberapa kasus, gejala kanker bahkan kurang disadari oleh penderitanya, sehingga banyak penderita yang datang ke dokter setelah penyakitnya memasuki stadium akhir.  Berikut beberapa macam kanker yang harus Anda tahu, seperti:

Kanker paru-paru

Kanker paru-paru banyak di derita oleh orang dewasa berusia 55 hingga 65 tahun. Penyebab utama dari kanker ini sendiri adalah rokok. Terdapat dua jenis utama kanker paru-paru, kanker sel paru kecil yang menyebar dengan cepat dan kanker sel paru besar yang sering ditemui.

Tak hanya perokok aktif, orang yang memiliki risiko mengalami penyakit ini adalah perokok pasif, walaupun dampak yang ditimbulkan tak dirasakan secara langsung, lebih baik Anda menjauhi asap rokok dan berhenti merokok mulai dari sekarang.

Gejala awal kanker paru-paru seperti batuk, nafas berbunyi, nyeri dada, serta penurunan berat badan yang tidak diketahui pasti penyebabnya. Meskipun demikian, gejala ini juga sering tidak muncul hingga kanker paru-paru sudah berada pada stadium lanjut.

Kanker payudara

Pada kanker payudara, biasanya sel kanker terbentuk dari saluran yang berguna untuk mengalirkan susu hingga puting susu. Walaupun sering dialami oleh kaum hawa, namun tak menutup kemungkinan bila kanker ini bisa terjadi pada pria. Pada awalnya, penderita kanker payudara biasanya merasakan benjolan yang terasa berbeda di jaringan sekitar payudara, selain terdapat benjolan, dari puting susu juga keluar cairan tidak normal.

Harus diketahui, seseorang yang menderita kanker jenis ini mungkin memiliki gen tertentu, terlambat menopause, rutin mengonsumsi alkohol, belum pernah hamil hingga usia 35 tahun dan yang lainnya.

Kanker usus

Kanker usus biasanya tumbuh di jaringan usus besar, dan kanker rektum akan tumbuh beberapa senti di dekat anus. Kebanyakan kasus kanker usus diawali dengan adanya gumpalan kecil jinak, dan dari waktu ke waktu tumbuh besar menjadi kanker. Dengan bertambahnya usia, risiko penyakit ini menjadi semakin besar.

Lantas, apa gejala penyakit ini? gejala awal kanker usus seperti perubahan buang air besar, adanya darah yang berada di dalam tinja, hingga perut terasa kurang nyaman. Mereka yang memiliki pola hidup tidak sehat seperti mengonsumsi alkohol, hingga obesitas lebih besar berisiko terkena kanker.

Kanker hati

Mereka yang memiliki penyakit hati kronis lebih rentan terkena penyakit kanker hati. Jenis kanker ini biasanya disebabkan oleh infeksi kronis dengan penyakit seperti cacat lahir, hepatitis B dan C, hingga mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Selain itu, penyakit ini juga sering dikaitkan dengan penyakit liver berlemak. Risiko mengidap kanker hati dua kali lipat lebih besar pada orang dewasa dengan usia rata-rata 60 tahun.

Gejala dari penyakit ini seperti nyeri perut, berat badan berkurang secara drastis tanpa sebab yang jelas hingga kulit menguning. Oleh sebab itu, jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut, segera konsultasi ke dokter.

Kanker darah

Sebenarnya, ada begitu banyak jenis kanker darah. Penyakit ini disebabkan karena produksi sel darah putih yang berlebihan. Ketika dalam kondisi normal, sel darah putih akan berkembang secara teratur di dalam tubuh, untuk mengatasi infeksi, sayangnya penderita kanker ini malah memproduksi sel darah putih yang terlalu banyak. Banyaknya sel darah putih ini mengakibatkan penumpukan di dalam sumsum tulang, sehingga sel darah yang sehat menjadi berkurang.

Sikap waspada pada gejala kanker akan membantu upaya dokter untuk mendeteksi dini penyakit ini. Semakin cepat kanker bisa terdeteksi, akan semakin tinggi kemungkinan pengobatannya. Usahakan melakukan checkup rutin setiap beberapa bulan sekali. Gejala di atas memang harus diwaspadai, namun bukan berarti jika Anda mengalaminya, bisa dipastikan Anda mengalami kanker, bisa saja gejala kanker timbul karena kesehatan tubuh terganggu./odt

loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed