by

Walikota Padang Sidempuan Dukung Peningkatan Kualitas SDM Pertanian

MARGOPOST.COM | Padangsidimpuan – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menuturkan, peningkatan kapasitas SDM pertanian amat diperlukan karena sektor pertanian telah masuk di era teknologi digital, sehingga perlu beradaptasi dalam memanfaatkan peluang dan memenangi kompetisi. Para generasi muda didorong mengambil peran khususnya dalam bidang pertanian melalui berbagai kegiatan yang produktif.

Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH mendukung penuh pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian yang menjadi program utama Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian. Bahkan, Irsan ingin daerahnya menjadi percontohan bagaimana sektor pertanian mampu menjadi penopang perekonomian daerah.

Walikota Kota Padangsidimpuan ” Mohon pelatihan ini menjadi perhatian khusus karena kesempatan ini harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya khususnya bidang peternakan, potret permintaan peternakan di Padangsidimpuan justru meningkat pada saat pandemi khususnya kemarin pada lebaran Haji ,
Artinya kota Padangsidimpuan bidang pertanian dan peternakan masih menjadi lokus utama dan saat ini masih swasembada pangan. Dan kami juga menggenjot bawang merah (hortikultura),

Irsan Efendi Nasution ingin daerahnya mampu memenuhi kebutuhan daerah mereka sendiri. Untuk itu, ia berharap Kementan dapat memberikan pelatihan-pelatihan sehingga terjadi transfer knowledge kepada penyuluh dan petani di Padangsidimpuan.
(Jumat, 13/08/2021).

Acara ini dihadiri tim dari BBPKH Cinagara, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Komunikasi informasi, Camat Hutaimbaru, para staf dinas pertanian, dan peserta pelatihan yang terdiri dari peternak, petani.
Sebanyak 60 orang Non Aparatur, dan Aparatur 30 orang.

Pembukaan dilaksanakan di Balai Benih Ikan (BBI) Hutaimbaru dari pelatihan ini Koordinator Widyaiswara BBPKH Cinagara Dayat Hermawan S.Pt, M.Si menyampaikan juga terkait pengembangan bidang SDM peternakan akan mendukung 3 program aksi BPPSDMP untuk mencapai visi dan misi yang dicanangkan Presiden RI dan Menteri Pertanian. “Rencana peningkatan mutu SDM Pertanian tersebut tertuang dalam Program Aksi BPPSDMP yang akan dilakukan simultan di tahun 2021 ini. Kita bangun SDM Indonesia agar professional, mandiri, berdaya saing dan berjiwa entrepreneurship yang tinggi.(Jumat, 13/08/2021).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed