by

Tim Nusantara Sehat Berperan Penting untuk Turunkan Stunting

MARGOPOST.COM | JAKARTA – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengharapkan para tenaga kesehatan yang tergabung dalam Tim Nusantara Sehat agar turut andil menurunkan angka stunting (kekerdilan) di daerah.

Hal itu diutarakan Menkes Terawan ketika melepas Tim Nusantara Sehat Batch XIV dan Tugas Khusus Individu Gelombang VIII angkatan XII dan XIII tahun 2019, di Gedung Siwabessy, Kemenkes, Jakarta pada Kamis (31/10/2019).

Dalam sambutannya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesediaan pemuda Indonesia menjadi anggota Nusantar Sehat dan terselenggaranya proses pembekalan dengan baik dan lancer oleh para instruktur. Ia berharap bisa membentuk tenaga kesehatan yang bisa dipercaya oleh masyarakat.

“Terima kasih telah menerima tugas amanah yang mulia ini, terima kasih telah menyelesaikan pembekalan dengan baik, penuh semangat, kesabaran dan ketekunan. Jadikanlah tugas ini sebagai pengalaman, dan jadilah tenaga kesehatan yang kuat, loyal, berintegritas dan dapat diandalkan oleh masyarakat,” ungkap Menkes Terawan.

Apresiasi juga diberikan atas terselenggaranya program Nusantara Sehat yang bertujuan meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada Puskesmas di Daerah Tertinggal, Pedalaman dan Kepulauan (DTPK) untuk memenuhi pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Karenanya, kehadiran Nusantara Sehat diharapkan sebagai wujud nyata hadirnya negara dalam menyediakan layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Melalui Nusantara Sehat ini, adik-adik diharapkan dapat menjadi wakil Pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas, yang mengutamakan pelayanan kesehatan promotif preventif dengan menggunakan pendekatan keluarga,” harap Menkes Terawan.

Setelah memberikan sambutan, berbalut suasana santai Menkes Terawan bersama petinggi pratama dan madya Kementerian Kesehatan duduk lesehan sembari berdialog langsung dengan peserta Nusantara Sehat. Pada kesempatan tersebut, Menkes mengungkapkan rasa bangga dan syukurnya atas kesediaan pemuda-pemudi mengabdikan dirinya untuk mewujudkan Indonesia sehat.

Menkes mengajak peserta Nusantara Sehat untuk bersama-sama menurunkan stunting, dengan harapan prevalensinya bisa diambang batas WHO yaitu 20%, bahkan Presiden Joko Widodo dalam lima tahun ke depan menargetkan di bawah 16%. Untuk mencapai target tersebut, Menkes juga mendorong para tenaga kesehatan ini agar tugas tersebut dilaksanakan dengan hati yang ikhlas dan gembira.

“Jangan dianggap berat, namun tugas yang mulia yang diberikan kepada kita semua untuk membantu mengentaskan masyarakat kita dari ancaman stunting. Saudara-saudara semua kan sudah dibekali ilmu mengenai stunting, saya yakin karena ini program prioritas, jadi tolong diprioritaskan untuk menyukseskan program stunting dengan selalu bersinergi dengan aparat-aparat di daerah,” kata Menkes Terawan.

Menutup dialognya, Menkes mendoakan seluruh peserta Nusantara Sehat mendapat jodoh, mendapat kesejahteraan dan meraih cita-cita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Kesehatan.

Untuk diketahui, Menkes Terawan melepas sebanyak 306 peserta Tenaga Nusantara Sehat Tim Batch XIV dan 57 peserta Nusantara Sehat Individu. Kementerian Kesehatan total mengirim 363 peserta yang terdiri dari Ahli Teknologi Laboratorium Medik, Bidan, Dokter Gigi, Dokter Umum, Perawat, Tenaga Farmasi, Tenaga Gizi, Tenaga Kesehatan Lingkungan, dan Tenaga Kesehatan Masyarakat.

Dengan dikirimnya 363 peserta, Kementerian Kesehatan tercatat telah mengirim peserta Nusantara Sehat sebanyak 990 peserta sepanjang 2019. Adapun rinciannya Batch 12 yang dikirim Mei 2019 dengan 282 peserta, Batch 13 dengan 402 peserta dan Batch 14 dengan 306 peserta.(kes)

loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed