by

Tak Disangka! Kita Memasuki Perubahan Pola Hidup Yang Baru Dalam Keseharian di Era Pandemi Covid-19

MARGOPOST.COM | Jakarta – Memasuki awal tahun 2020 dunia seakan-akan terkejut bak petir di siang bolong ketika wabah Virus Corona (Covid-19) yang mematikan muncul dan ternyata akhirnya diketahui sudah menyebar di berbagai negara di belahan Dunia.  Awalnya virus Corona ini muncul di kota Wuhan negara Cina. Dalam 4 bulan terakhir virus ini telah merenggut nyawa manusia hingga ratusan ribu jiwa bahkan update terakhir jumlahnya  hampir mencapai jutaan jiwa. Dan akhirnya pemerintahan di berbagai negara terdampak Covid-19 telah mengambil kebijakan baru untuk membatasi jarak sosial manusia, bahkan menghimbau masyarakat untuk lebih banyak mengurung diri di rumah masing-masing untuk mencegah penularan atar manusia. Menjalankan aktifitas kehidupan sehari-hari serba di rumah dan jika terpaksa harus beraktifitas di luar rumah harus menggunakan masker bahkan menjaga jarak antar manusia.

Kini berbagai kebiasaan dan tren baru sebagai akibat pandemi Covid-19 diprediksi akan berlanjut sebagai upaya pencegahan penularan. Pandemi Covid-19 yang disebabkan virus Corona baru ini telah mengubah beberapa kebiasaan hidup manusia yang pada akhirnya dianggap biasa dan normal ketika banyak negara mulai menerapkan aturan terkait pembatasan sosial. Berikut yang akhir-akhir ini biasa kita lihat di masyarakat.

 

PENGGUNAAN MASKER

Di banyak negara kini telah mewajibkan masyarakat luas untuk menggunakan masker di tempat umum. Bahkan penggunaan sarung tangan juga dianjurkan. Kini hampir tiap orang di banyak tempat tampak terbiasa memakai masker, bahkan juga sarung tangan.

 

MENJAGA JARAK FISIK

Kini orang-orang dihimbau untuk menjaga jarak dan menaati aturan menjaga jarak fisik. Bekerja dari rumah untuk yang bisa melakukan pekerjaannya dari rumah serta pertemuan melalui telepon atau video, kebiasaan baru ini kemungkinan akan berlanjut untuk waktu mendatang.

 

PERJALANAN DAN KOMUTER

Perjalanan jarak jauh atau internasional kini hanya boleh untuk alasan penting tertentu saja. Kebanyakan orang akan memilih untuk berjalan kaki, menggunakan sepeda, sepeda motor, atau bahkan mobil, bukan dengan kendaraan umum seperti bus dan kereta untuk bekerja atau perjalanan jarak dekat.

KEBIASAAN MENJAGA KEBERSIHAN

Sanitasi dengan teratur dan intensif, di tempat kerja maupun di rumah, serta di tempat-tempat umum. Kini sangat dianjurkan untuk rajin mencuci tangan dan menghindari menyentuh area wajah.

MAKSIMALKAN PENGGUNAAN ONLINE DIGITAL

Usaha dagang berbagai kebutuhan sehari-hari secara daring/digital akan mengalami kenaikan, seiring banyaknya toko atau restoran yang menawarkan pelayanan pesan-kirim untuk menghindari kontak fisik. Penggunaan media daring, aplikasi, atau layanan video juga diharapkan akan meningkat, bahkan menjadi keharusan untuk bisa hidup lebih mudah.

 

MENINGKATKAN SISTEM IMUNITAS

Menjaga diet sehat, olahraga teratur, dan istirahat cukup untuk meningkatkan sistem imunitas dan kesehatan mental akan menjadi prioritas. Ruang olahraga di rumah dan tutorial latihan secara daring akan lebih populer utuk dimanfaatkan masyarakat.

MENGHINDARI KERUMUNAN MASSA

Banyak orang akan melanjutkan tinggal di rumah dan mengisolasi diri, menjauhkan diri dari kerumunan orang dan mempraktikkan pembatasan sosial dalam bentuk menjaga jarak fisik lebih kurang 1 meter.

BELAJAR DARI RUMAH ATAU JARAK JAUH

Kini banyak sekolah dan lembaga pendidikan akan menerapkan penggunaan alat dan perangkat lunak untuk melanjutkan pembelajaran jarak jauh. Persoalannya adalah hal ini akan sulit untuk dijalankan untuk orang-orang tanpa akses internet dan perangkatnya. Belajar di rumah akan menjadi suatu tren di masa datang

E-SPORT DAN STADION KOSONG

Berbagai jadwal kejuaraan olahraga yang ditunda dan dibatalkan, atau dibuat dengan format baru. E-sport, video on demand, dan olahraga dalam ruangan akan lebih populer. Stadion-stadion diperkirakan akan kosong dalam waktu yang lama.

 

Kini semua hal-hal baru yang kita lakukan dalam mencegah penularan virus Corona akan menjadi kebiasaan hidup keseharian yang normal dan wajar. Inilah kelebihan manusia yang ber-Akal Budi, diciptakan oleh Tuhan Sang Pencipta karena kemampuannya untuk cepat beradaptasi dengan keadaan alam dan lingkunga./ODT/MARGOPOST.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed