by

Sukseskan UPSUS SIWAB BBPKH Latih Petugas IB Kab. Buol Provinsi Sulawesi Tengah

MARGOPOST.COM | Bogor – Senin, 16 Juli 2019 telah dibukanya Pelatihan Inseminasi Buatan (IB) bagi Para Calon Inseminator yang bertempat di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara, bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Panagan Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah.
Pelatihan dibuka langsung oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan yaitu Bapak drh. Wisnu Wasisa Putra, MP., yang diikuti oleh para calon inseminator Kabupaten Buol dan peserta yang dari berbagai latar belakang pendidikan mulai dari sarjana peternakan, dokter hewan hingga sarjana pertanianpun mengkuti pelatihan ini. Tidak hanya itu, pelatihan ini juga diikuti oleh 6 orang mahasiswa program studi peternakan dari Universitas Negeri Gorontalo. Pelatihan ini digelar selama 21 hari, yaitu dimulai dari tanggal 14 Juli sampai 3 Agustus 2019.
“Tujuan IB adalah peningkatan produktivitas yang terintegrasi dengan perbaikan mutu genetik ternak. Pemanfaatan teknologi IB merupakan alternatif peningkatan produktivitas ternak yang relatif murah, cepat dan dapat diterapkan dalam skala massal, dan mampu dalam memperkecil S/C (service per conception) dan memperpendek calving interval,” kata Wisnu, dalam pembukaan Pelatihan.


Dimana pelatihan ini dimulai dengan pembelajaran selama 4 hari dikelas, 10 hari di kandang dan 7 hari dilapangan, praktik ini diajarkan hingga para peserta dapat dilepas untuk melakukan inseminasi sendiri.
“Diharapkan setelah peserta mengikuti pelatihan ini dengan jiwa penuh semangat disertai adanya penambahan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) sehingga nantinya dapat melaksanakan IB di alam nyata sehingga pelatihan ini bermanfaat dan membawa berkah bagi wilayah Kabupaten Buol, yang pada akhirnya pengembangan peternakan tercapai optimal untuk medukung mewujudkan swasembada daging di Indonesia,” tutupnya.

loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed