by

SKEMA PERTANIAN TERPADU RAMAH LINGKUNGAN (ZERO WASTE) DI BALAI BESAR PELATIHA KESEHATAN HEWAN (BBPKH) CINAGARA BOGOR

MARGOPOST.COM | Bogor – Pertanian terpadu merupakan sistem yang menggabungkan kegiatan pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan, serta ilmu-ilmu lain yang terkait dengan pertanian dalam satu lahan. Di BBPKH Cinagara, keterpaduan ini meliputi gabungan antara ternak dengan tanaman dan ikan serta biogas, pupuk dan penerangan (listrik), dengan uraian sebagai berikut :
Memelihara sapi 4 ekor, dimanfaatkan kotorannya untuk membuat biogas da pupuk, sedangkan urin yang dihasilkan digunakan untuk diolah menjadi biourine , dimana biourine tersebut dapat digunakan untuk memupuk tanaman. Dari kotoran sapi diolah menjadi biogas, sehingga biogas tersebut menghasilkan gas (yang dapat digunakan untuk penerangan dan masak).

Seain itu, biogas juga dapat menghasilkan cairan yang dapat diolah dan digunaka sebagai pupuk cair (untuk tanaman dan kolam lele). Selanjutnya dari sisa biogas akan menghasilkan bahan untuk membuat pupuk padat yang digunakan untuk pupuk tanaman. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada skema di bawah ini.ujar Widyaiswara BBPKH Cinagara Richanah
Demikian sistem pertanian terpadu ini , sehingga tidak ada yang terbuang, semua terpakai (zero waste).tutup richanah

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed