by

Sensus Penduduk Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia

MARGOPOST.COM |Singkawang – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Singkawang Firmansyah mengatakan, pada tahun 2020 BPS akan menyelenggarakan sensus penduduk 2020 (SP2020).

“SP2020 bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia,” katanya, Rabu (12/2/2020).

Pelaksanaan SP2020, menggunakan metode kombinasi dengan memanfaatkan data registrasi penduduk dari Ditjen Dukcapil Kemendagri sebagai data dasar.

Mode pengumpulan data penduduk SP2020 dengan sensus mandiri secara online dan sensus wawancara. “Sensus mandiri online melalui website https://sensus.bps.go.id mulai tanggal 15 februari sampai dengan 31 Maret 2020,” ujarnya.

Kemudian, cakupan SP2020 seluruh penduduk WNI dan orang asing yang berada di wilayah teritorial Indonesia. Termasuk anggota korps diplomatik dan TNI yang sedang bertugas diluar negeri..

Ia mengatakan pihaknya membutuhkan partisipasi masyarkat untuk membantu petugas BPS dengan memberikan jawaban yang benar dan faktual pada pencacahan sensus wawancara.

“Waktunya mulai tanggal 1-31 Juli 2020. Caranya mudah dan data anda dijamin keamanan dan kerahasiannya,” katanya.

loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed