Praktik Penyembelihan Hewan di RPH Cibinong

MARGOPOST.COM | Bogor – Dalam rangka meningkatkan kompetensi peserta Pelatihan Vokasi Juru Sembelih Halal ( JULEHA), pada hari Jumat tanggal 8 Februari 2019 dilakukan praktik penyembelihan hewan besar (sapi). Pratik ini dilakukan di RPH Cibinong Kabupaten Bogor, dimulai pukul 21.00 – 01.00. Peserta melihat langsung tata laksana RPH, dan melaksanakan praktik penyembelihan hewan. Praktik didampingi oleh Kepala RPH drh. Ade K, M. Si.
“Peserta Pelatihan sangat antusias mengikuti praktik dan mendengarkan penjelasan secara teknis tata laksana RPH Cibinong. Kompetensi teknis penyembelihan hewan merupakan kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang JULEHA yang ingin dinyatakan kompeten,” ungkap drh. Heris Kustiningsih,M.Sc., Widyaiswara BBPKH Cinagara, Senin (11/02/2019).
“Dalam pelatihan ini dilakukan praktik penyembelihan hewan besar (sapi) di RPH Cibinong dan hewan kecil (ayam) di Training Poultry Slaughter House BBPKH Cinagara”, Lanjut Heris.


“Praktik penyembelihan hewan ini sangat bermanfaat bagi kami, karena kami selain praktik menyembelih langsung juga dilakukan koreksi terhadap hasil sembelihan kami. Sehingga kami langsung tahu hasil penyembelihan kami salah atau sudah benar. Ini benar-benar membuat kami semakin percaya diri dalam melakukan penyembelihan hewan setelah pelatihan ini,” menurut Umar salah satu peserta dari Kab. Garut.
“Saya berharap peserta pelatihan setelah selesai mengikuti Pelatihan Vokasi JULEHA ini memiliki bekal secara teori dan praktik sehingga benar- benar menjadi JULEHA kompeten” tutup Heris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *