by

PERTANIAN TIDAK BERHENTI DI TENGAH WABAH COVID 19 PETANI DAN PENYULUH CIMANUK TANAM BAWANG MERAH

MARGOPOST.COM | Bogor – Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Bapak Prof. Dr. Dedi Nursamsi mengatakan Kostratani ibarat menu lengkap dari hulu sampai hilir pertanian akan menjadi maju, mandiri dan modern. Apalagi di saat wabah Covid-19 peran kostratani menjadi lebih meningkat dalam menyediakan stok pangan. Pertanian merupakan garda terdepan pencegahan infeksi Covid-19. Selanjutnya beliau menyatakan harapannya kepada para Penyuluh Pertanian untuk tetap bekerja mendampingi para petani.
Harapan Ka Badan tersebut telah dilaksanakan oleh Ibu Fifa Afifah selaku PPL Kostratani Cimanuk dengan penuh semangat mendampingi dan mengarahkan tata cara menanam bawang merah dihamparan seluas 2500 meter 2. dengan jenis Bima Brebes di P4S Mitra Ikamaja Pandeglang Banten di bawah pimpinan Sdr. Rahmat Feriyanto.
Bawang Merah yang di tanam di lahan seluas 2500 meter 2 diperkirakan mampu menghasilkan Bawang sebanyak 2 ton, ucap Feriyanto karena berdasarkan penglamannya yang lalu di laha seluas ini telah dihasilkan bawang merah sebanyak 2 ton. Walapun di lahan tidak terlalu luas, P4S Mitra Ikamaja Pandeglang Banten sudah ikut berperan secara aktif dalam hal ketersediaan pangan dan stabilitas harga di wilayah Propinsi Banten.
Berdasarkan penuturan PPL, ditengah semakin merebaknya penyebaran virus Corona di provinsi Banten tidak menajdikan P4S Mitra Ikamaja Pandeglang gentar menghadapinya, malah ia menghadapinya dengan terus menanam Bawang Merah. Kami bersama tim selalu turun kelapangan mendampingi kegiatan petani. Apalagi saat ini sedang dilaksanakan penanaman bawang merah oleh petani P4S, kami perlu mendampingi dan mengarahkan agar tanaman bawah merah tumbuh dengan baik.
Selanjutnya ketua P4S Mitra Ikamaja Cimanuk Pandeglang, Rahmat Feriyanto mengatakan, keberadaan Penyuluh di lapangan sangat membantu kami, karena kami selalu dibimbing dan diarahkan dalam bercocok tanam bawang. Selain itu PPL selalu mengarahkan para petani untuk tetap waspada terhadap penyebaran Covid 19 dengan menghindari kerumunan, menjaga jarak dan tetap memakai masker, serta sesering mungkin cuci tangan, (Apandi/06/05/2020).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed