by

Persiapan Peralatan Penyembelihan Syarat Kompetensi Seorang Juleha

MARGOPOST.COM | Bogor – Persiapan peralatan penyembelihan merupakan salah satu materi yang diberikan kepada peserta pelatihan vokasi juleha di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara. Kegiatan yang meliputi materi dan praktek tersebut diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari Sumatera Barat, Lampung, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat dan DKI Jakarta.
“Kegiatan mempersiapkan peralatan penyembelihan merupakan salah satu unit kompetensi juleha sehingga itu penting untuk dipelajari untuk mendukung kompetensi seorang juleha,” menurut drh. Dwida Agustina S, panitia pelatihan BBPKH, Senin (11/02/2019).


Menurut nasikin salah satu peserta yang berasal dari rembang menyatakan, “dengan adanya kegiatan vokasi seperti ini akan menambah pengetahuan akan pentingnya persiapan peralatan seperti cara mengasah pisau yang benar dan juga cara mengecek ketajaman pisau yang akan kita gunakan”.
Kegiatan mempersiapkan peralatan penyembelihan merupakan unit kompetensi ke 8 yang harus dimiliki seorang juleha, Karena dari hal kecil tersebut akan menentukan halal / tidaknya produk hewan.
“Ketajaman dan Ukuran dari pisau yang digunakan merupakan hal yang harus diperhatikan dalam kegiatan ini karena itu adalah hal yang penting pada unit kompetensi ini,” tutup Dwida.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed