by

Peran Aktif BBPKH Cinagara medukung program SIKOMANDAN, Gelar Pelatihan Tematik Peternakan di Kab. Subang

MARGOPOST.COM | Subang – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah menekankan pentingnya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengoptimalisasi sektor pertanian ke arah lebih maju dan pembangunan SDM harus mengacu pada kebijakan strategis jangka panjang. Mendukung hal tersebut, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, telah mencanangkan Tiga Program Aksi yaitu, Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani), target swasembada daging melalui program SIKOMANDAN (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri) dan penambahan ternak ruminansia besar sebanyak satu juta ekor untuk menjadi pilar dalam pembangunan pertanian, khususnya peternakan.
Untuk medukung program tersebut Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara, gelar Pelatihan tematik peternakan yang bertema “Pengendalian Penyakit Hewan untuk mendukung Sikomandan” bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Subang. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 24 s.d 26 Februari 2020, betempat di Kelompok Tani Mandiri Jaya Kec. Pagaden Barat Kab. Subang dengan jumlah peserta 35 orang peternak.


Pelatihan di buka oleh Kepala Bidang Produksi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Subang, Wastim Edi Sp., M.Si., di dampingi Widyaiswara BBPKH drh. Dwi Walid Retnawati, M.Sc., materi yang diberikan pengenalan dan pencegahan penyakit Brucellosis dan Endometritis yang merupakan penyakit menular pada sapi yang sangat merugikan dan penyakit yang sering terjadi pada pada sapi meskipun tidak menular yaitu kembung dan keracunan.
“Diharapkan dengan di adakannya pelatihan tematik ini penyakit hewan di wilayah Kabupaten Subang bisa menurun dan meningkatkan produksi ternak terutama sapi dan kerbau demi tercapainya program SIKOMANDAN,” tutup Walid.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed