by

Pemanfaatan Teknologi Secara Kreatif Untuk Produktivitas Dari Rumah, Ini Wujud Mengabdian Dimasa Pandemi

MARGOPOST.COM | Jakarta – Situasi pandemi Covid-19 memaksa penyesuaian dalam berbagai hal, termasuk bekerja dari rumah. Meski awalnya sulit beradaptasi dengan bekerja dari rumah, namun pemanfaatan teknologi secara kreatif, mampu meningkatkan produktivitas dari rumah.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, aparatur sipil negara (ASN) perlu mengeksplorasi kemampuan diri terhadap tugasnya. “Ayolah kita mencoba kreatif dalam situasi seperti ini. Just need a little bit of creativity untuk semua itu bisa diselesaikan,” jelasnya saat menjadi narasumber dalam seminar daring Bincang Inspirasi ASN Edisi 4 beberapa waktu lalu.

Di masa seperti ini, kreativitas merupakan kunci untuk tetap produktif. Bima yakin bahwa perkembangan teknologi saat ini bisa menjadi instrumen yang meringankan tugas selama pandemi ini belum selesai.

Tak hanya menggali kemampuan diri, eksplorasi mengenai pekerjaan juga sangat diperlukan. Melakukan eksplorasi ini bukan hanya dilakukan dengan bertanya saja, namun juga berpikir mengenai solusinya.

Beberapa pegawai mungkin menemukan beberapa kendala, terutama jika pekerjaannya harus turun ke lapangan. Namun dengan teknologi yang tepat, pekerjaan di lapangan dapat tetap dikontrol walaupun hanya dari rumah. Menurutnya, pandemi memaksa ASN untuk melakukan banyak terobosan.

Bima menegaskan, work from home tidaklah sama dengan libur. “WFH itu bukan libur. WFH itu kita bekerja tapi posisinya di rumah. Nah, untuk itu kita perlu menjadi lebih kreatif,” ungkapnya.

Dalam seminar daring yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tersebut, Bima juga mengingatkan para ASN untuk jangan menyerah dengan keadaan, sehingga malas dan tidak produktif. Karena dalam keadaan pandemi seperti pun, masih banyak hal yang dapat dilakukan.

“Saya rasa kita perlu husnuzan, lebih berprasangka baik terhadap keadaan,” tuturnya.

Dengan memiliki prasangka baik, maka akan terbentuk pikiran positif, sehingga alih-alih mengeluhkan keadaan, kita dapat mencari solusi terhadap situasi yang sedang dihadapi bersama ini. Jadi jangan menyerah dengan keadaan, walaupun banyak keterbatasan, tapi lakukanlah yang bisa dilakukan. Dirinya percaya bahwa walaupun dengan bekerja dari rumah, namun tetap bisa super produktif dengan kreativitas sehingga bisa menjadi creative junkies dan berujung melakukan banyak perubahan.

Terlebih ketika menjadi telah terpilih menjadi ASN, Bima menganggap bahwa kesempatan menjadi ASN merupakan suatu keistimewaan tersendiri untuk bisa mengabdikan diri kepada bangsa dan negara. “Tidak semua orang mendapatkan kesempatan itu. Jadi gunakanlah dengan semaksimal mungkin,” pungkasnya. (*ald)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed