by

Pelatihan Teknis Tematik Peternakan Pengelolaan Reproduksi Mendukung Program SIKOMANDAN

MARGOPOST.COM | Bogor – Kegiatan pelatihan teknis tematik peternakan terkait dengan program kementerian pertanian yaitu SIKOMANDAN (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri), dengan adanya program tersebut diharapkan indonesia mampu memenuhi swasembada daging sehingga dibutuhkan pengelolaan di dalam ranah peternakan salah satunya dari sisi reproduksi nya.
Kegiatan pelatihan teknis tematik peternakan ini diselenggarakan oleh BBPKH Cinagara yang menggandeng Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Cianjur. Pelatihan teknis berjalan selama 3 hari dari tanggal 23 – 26 Februari 2020 dengan peserta pelatihan sebanyak 35 orang yang berasal dari Peternak dan penyuluh peternakan,
Acara pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas kelautan Perikanan dan Peternakan, Dr. Ir. Parwinia, MMA menurut beliau kegiatan teknis tematik ini sangan berpengaruh dalam mendukung program SIKOMANDAN apalagi area cianjur memiliki jumlah peternak sapi yang cukup menjanjikan,selain sapi pun ternak unggas juga sudah mulai digandrungi di area cianjur, untuk itu harapan kedepan akan ada kegiatan terkait unggas.
Menurut ate, salah seorang peserta pelatihan menuturkan Kegiatan pengelolaan reproduksi ini sangat dibutuhkan agar tercipta keseragaman dalam mengatasi kesalah pahaman dalam pengelolaan sapi baik itu dari manajemen pakan, kesehatan dan kandang.,selain itu menurut salah satu peternak yang berasal dari cianjur tengah,
“rio menuturkan kondisi sapi yang dia miliki terkadang menunjukkan gejala birahi yang sering dan dengan adanya pelatihan ini saya apresiasi sekali dan merasa memang inilah yang saya butuhkan butuhkan, tutur rio saat acara tanya jawab.”


Jadwal kegiatan pelatihan berupa pemberian materi di hari ke 1 dan ke 2 kemudian dilanjutkan dengan kunjungan terkait materi yg diberikan diberikan di hari ke 3.
Menurut drh.Dwida A.S salah satu team BBPKH Cinagara menuturkan kegiatan teknis tematik ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peternak dan penyuluh peternakan terkait pengelolaan reproduksi ternak dalam mendukung program Kementerian Pertanian “SIKOMANDAN” Baik itu dalam penilaian BCS, Umur Perkawinan Pada Ternak, Deteksi Birahi,Sinkronisasi Estrus, Menolong Kelahiran dan Penanganan Ternak Post Partus. Tutup drh.dwida saat acara Penutupan berakhir.(DAS 26022020)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed