by

P3A Mitra Cai mendukung Kostratani Kementerian Pertanian RI

MARGOPOST.COM | Bogor – Pandemi Covid-19 bukan menjadi halangan bagi bidang pertanian untuk terus bergerak. Kementerian Pertanian terus melakukan antisipasi untuk menjaga ketahanan pangan nasional. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menegaskan pertanian tidak boleh berhenti demi mencukupi pangan 267 juta jiwa masyarakat Indonesia.

Pertanian mutlak memerlukan air untuk irigasi, karena tanpa adanya pengairan yang baik maka hasil dari tanaman yang dikelola oleh petani tidak akan mendapatkan hasil yang optimal. Pada tanggal 21 September 2020, dilaksanakan pembentukan P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air) Mitra Cai pada Kelompok Tani Kurnia Mukti, di Desa Janggala, kecamatan Cidolog, Ciamis. Pembentukan P3A diresmikan oleh Camat Kecamatan Cidolog, H. Otong Bustomi. Acara tersebut juga dihadiri perwakilan dari Muspika Cidolog, yaitu H. Soleh dan Dede Jamaludin. *P3A Mitra Cai tersebut bernama P3A Mitra Cai Beureum Ceuli.*

Pembentukan Kelompok Mitra Cai ini adalah suatu kerjasama mutualisme antara pemerintah, petani, dan swasta dalam pembangunan sistem pengairan. Urginitas pembentukan Perkumpulan Petani Pemakai Air di Ciamis ini sangat diperlukan, sehubungan Ciamis adalah salah satu daerah penghasil produk pertanian utama di Indonesia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed