by

MENCETAK WIRAUSAHA TERNAK AYAM SANTRI TANI MILENIAL IKUTI BIMBTEK KSTM

MARGOPOST.COM | Bogor – Kementerian Pertanian meluncurkan Program Kelompok Santri Milenial (KSTM) berupa langkah nyata peningkatan minat generasi muda terhadap dunia pertanian berupa pencetakan wirausawahan masa depan. Program ini berupa bantuan ayam melalui pondok pesantren. Salah satu pondok pesantren yang berada di Jawa Barat yang mendapatkan bantuan ayam adalah Kabupaten Majalengka.
Kegiatan Bimbingan Teknis (BIMBTEK) Beternak Ayam (I) di Kabupaten Majalengka diselenggarakan selama dua hari di Aula Hotel Putra Jaya, yaitu pada tanggal 9 – 10 April 2019. Kegiatan bimbtek ayam ini merupakan rangkaian dari program KSTM sebagai pembengkalan untuk 170 santri milenal dari 17 pondok pesantren yang berada di Kabupaten Majalengka. Kegiatan bimbtek dibuka pada hari Senin, 9 April 2019 oleh Asda Kab Majalengaka (Plt Kadis Pertanian dan Peternakan).
Dua widyaiswara dari Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara mendapat amanah dalam memberikan pembekalan, yaitu sebanyak delapan materi mulai dari bibit, kandang, pakan, manajemen pemeliharaan, pengendalian penyakit, penetasan, pengolahan hasil dan penanganan limbah. Selain metode ceramah, juga dilakukan praktek dengan melakukan demontrasi cara handling ayam, vaksin dan vaksinasi secara intramuskuler pada bagaian dada. Para santri sangat antusias mengikuti bimbtek, selain baru pertama kali belajar beternak ayam juga termotivasi akan menjadi wirausahawan yang kompeten di masa datang.tutup dwi windiana.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed