by

MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TENTANG MANAJEMEN PEMELIHARAAN AYAM KUB DAN SENSI DI BBPKH CINAGARA

MARGOPOST.COM | Bogor – Tim multimedia BBPKH Cinagara selama 2 hari mulai tanggal 5 – 6 Februari 2019 membuat video tentang Manajemen Pemeliharaan Ayam Buras khususnya Ayam KUB dan SenSi untuk Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM) dan Rumah Tangga Miskin (RTM) mendukung program #BEKERJA Kementerian Pertanian.

Video tersebut dibuat sebagai pengembangan media pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan kompetensi (pengetahuan) khususnya peserta pelatihan dan umumnya masyarakat peternakan Indonesia. Substansi teknis yang disajikan dalam video tersebut meliputi beberapa materi, antara lain : persiapan kandang, seleksi ayam, pemeliharaan (pengendalian mikroklimat), pengendalian penyakit, dan pemilihan calon bibit (induk dan pejantan).

Seluruh kegiatan shooting video dilaksanakan di Fam Peternakan Unggas, BBPKH Cinagara. Scene ditetapkan sebanyak 7 (termasuk prolog dan closing) yang disesuaikan dengan materi pembelajaran. Objek yang diambil gambarnya yaitu langsung Ayam KUB dan SenSi yang berumur 2 bulan. Oleh karena itu, video ini lebih ditekankan sebagai pedoman untuk pembelajaran budidaya ayam berumur muda (dara dan atau jantan muda).

Tim multimedia BBPKH Cinagara terdiri dari 4 orang yaitu Zalvu Sandhiwana sebagai kameramen, Muhammad Syafii Nasution sebagai sutradara, drh. Farissa Romadhiyati sebagai penulis skenario, dan drh. Ristaqul Husna Belgania sebagai duber. Narasumber sekaligus aktor adalah drh. Sri Gatiyono, M.Sc dan Dayat Hermawan, S.Pt., M.Si.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed