Masuk Musim Penghujan, Harga Sayur Mayur di Pasar Merangkak Secara Perlahan

MARGOPOST.COM  | – Harga sayur-mayur di Pasar Baru Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mulai merangkak naik dengan kenaikan bervariasi antara Rp1.500 sampai Rp10.000 per kilogramnya, akibat pasokan yang berkurang.

Seorang pedagang sayuran di Pasar Baru Kabupaten Indramayu, Mimin mengatakan bahwa sejak masuk musim hujan harga sayur-mayur, terutama yang didatangkan dari Bandung dan sekitarnya mulai merangkak naik.

“Seperti harga kol yang awalnya itu Rp5.500 per kilogramnya, sekarang saya jual Rp7.000, karena dari pemasoknya juga ada kenaikan,” kata Mimin, Jumat (23/11).

Tidak hanya kol saja yang harganya terus melambung, akan tetapi sayuran seperti wortel, caisim, kacang panjang, buncis dan sawi juga naik.

Bahkan untuk harga wortel yang sebelumnya dijual Rp6.000 per kilogramnya saat ini sudah dijual kisaran Rp13.000 sampai Rp16.000 tergantung kualitasnya.
“Sayur caisim semula Rp1.800 per kilogram sekarang dijual Rp4.500, begitu juga kacang panjang dan sawi,” ujarnya.

“Ada juga brokoli yang biasa dijual Rp6.000 per kilogram sudah menembus Rp20.000 ribu,” lanjutnya.

Menurut Mimin, kenaikan sayuran itu akibat pasokan yang mulai menipis, selain itu juga faktor cuaca, di mana saat ini sudah masuk musim hujan. “Memang kalau masuk musim hujan harga sayuran pasti naik, ini sudah biasa terjadi,” katanya.

Sementara pedagang lain, Titin mengatakan hal yang senada ada kenaikan pada beberapa jenis sayuran,kecuali harga bawang dan cabai.

“Cabai malah ada yang turun, begitu juga bawang putih,” kata Titin./aktual/ratu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *