by

Marak Penculikan Anak, Satuan Pendidikan Lumajang Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

MARGOPOST.COM |Lumajang – Kepala Satuan Pendidikan KB/TK, SD dan SMP Negeri atau Swasta serta Wali Murid di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur diimbau agar lebih meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga anak-anak.

“Kami imbau agar semua Kepala Satuan Pendidikan dan Wali Murid di Lumajang untuk lebih waspada dalam menjaga anak-anak. Mengingat, beberapa minggu terakhir ini, masyarakat dikejutkan dengan maraknya kasus penculikan anak,” ujar Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang, Agus Salim saat dimintai keterangan di kantornya, Rabu (19/2/2020).

Agus Salim juga menyampaikan, untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada lembaga pendidikan se-Kabupaten Lumajang terkait Kewaspadaan Terhadap Upaya Penculikan Anak.

Salah satu poin pada surat edaran tersebut, adalah mengajak para Kepala Satuan Pendidikan KB/TK, SD dan SMP Negeri atau Swasta agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap adanya kemungkinan penculikan pada peserta didik.

Selain itu, disampaikan dia, surat edaran tersebut merupakan bentuk upaya preventif dari Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk mengantisipasi terjadinya upaya penculikan anak, khususnya anak usia sekolah.

“Surat edaran itu adalah upaya preventif dari pihak kami, yang diedarkan ke semua lembaga pendidikan di Kabupaten Lumajang, dengan harapan segera ada tindakan dari setiap lembaga pendidikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Agus Salim berharap, agar semua lembaga pendidikan yang ada dapat memberikan pemahaman kepada semua guru dan anak-anak, serta orang tua agar lebih meningkatkan kehati-hatian saat jam sekolah maupun di luar sekolah.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya juga akan terus mengimbau Kepala Sekolah, Dewan Guru, Pengawas maupun orang tua, agar ke depannya dapat lebih menjaga peserta didik dengan meningkatkan kualitas kegiatan yang mengarah pada pengembangan karakter.

“Kita harus saling menjaga, siapa lagi kalau bukan kita sendiri yang menjaganya. Untuk itu, kami berkeinginan mengawali ini untuk bisa mengantisipasi agar tidak terjadi penculikan di Kabupaten Lumajang,” imbuh dia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed