by

LSP PERTANIAN BERSAMA HSC LPPM BOGOR UNIVERSITY CETAK PROFESI JULEHA UNGGAS BERSERTIFIKAT DI KOTA DEPOK

MARGOPOST.COM | Bogor – Kerjasama Lembaga Sertifikat Pertanian (LSP) Pertanian melalui Tempat Uji Kompetensi (TUK) Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara dengan Halal Sains Center (HSC) LPPM Bogor University dan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Depok menyelenggarakan kegiatan sertifikasi kompetensi Profesi Juleha pada tanggal 18 – 20 November 2020.

Kegiatan sertifikasi kompetensi dibuka olehDiah Sadiah, S.Sos, MSi sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Depok dan dihadiri oleh Ir. Agus Triyanto, MSi sebagai Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan BBPKH Cinagara, Sri Tunjung Purwaningsih, SE dari LSP Pertanian dan Bapak Bayu Aji, SPt serta drh. Dwi Windiana, M.Si sebagai asesor. Penyelenggaraan uji kompetensi diikuti 15 asesi Juru Sembelih Halal (JULEHA) unggas, yang dilakukan di perusahaan Rumah Pemotongan Unggas (RPU) PT. Amindo Prima Sejahtera yang berlokasi di Jalan KSU – Parung Serab, Kota Depok.

Widyaiswara BBPKH Cinagara Drh. Dwi Windiana, M.Si, menyampaikan “Tuntutan masyarakat yang sangat tinggi pada kehalalan pangan sudah tidak terbendung lagi karena masyarakat semakin menyadari akan pentingnya ketentraman bathinnya dalam mengkonsumsi pangan asal hewan, terutama daging ayam yang nilai harga jualnya menjangkau luas di masyarakat. Oleh karena itu legalitas profesi juleha saat ini sangat diperlukan, karena titik kritis kehalalan produk daging diawali dari penyembelihan halal berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan kehalalan hanya bisa terjamin jika penyembelihan dilakukan oleh juleha tersertifikasi.”

“Diharapakan dari Sertifikasi kompetensi ini adalah meningkatkan propesionalisme sebagai juru sembelih halal, yang mengacu kepada SKKNI agar dapat menghasilakan daging yang Asuh (aman, utuh dan halal) untuk di komsumsi oleh masyarakat” tutup Dwi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed