by

Lampung Selatan siap dukung Pengembangan kawasan korporasi Peternakan

MARGOPOST.COM | Bogor – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegaskan, pengembangan kawasan korporasi merupakan terobosan untuk melakukan transformasi kawasan pertanian termasuk peternakan menjadi lebih berorientasi bisnis, menjadikan peternak ada dalam wadah korporasi dan sebagai subjek atau pemilik pada usahanya mulai hulu sampai dengan hilir.

Berkaitan dengan hal tersebut, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH)Kementan menjelaskan, pada tahun ini pihaknya mempunyai target pengembangan percontohan petani yang berbentuk koperasi.

Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Kementerian Pertanian tahun 2020 melihat Pentingnya Kawasan Peternakan untuk bertransformasi berbentuk koperasi, Kalianda, 22 September 2020. Adanya kejadian pandemi covid 19, kegiatan pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Kementerian Pertanian tahun 2020 tetap berlangsung. Kegiatan Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) dilaksanakan secara virtual di kabupaten Lampung Selatan.


Kabupaten Lampung Selatan merupakan daerah tropis dimana memiliki pelabuhan di kecamatan Bakauheni dan merupakan tempat transit penduduk dari pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya. Selain memiliki pelabuhan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan juga memiliki bandara Raden Inten II yang terletak di Kecamatan Natar. Kecamatan Tanjung Sari salah satu kecamatan sentra produksi ternak dan terdapat koperasi yang bergerak dalam peternakan yaitu Koperasi Produksi Ternak Maju Sejahtera (KPT MS). Kabupaten Lampung Selatan memiliki luas wilayah 2.109,74 km² dan berpenduduk sebanyak 1.011.286 jiwa (BPS, 2019), dengan kantor pusat pemerintahan berada di Kota Kalianda.

Pada tahun 2019, terdapat populasi hewan ternak sebagai berikut : sapi potong 146.323 ekor, kerbau 1.536 ekor, kambing 361.559 ekor, domba 15.834 ekor, babi 8.862 ekor, kuda 18 ekor, ayam kampung 3.102.316 ekor, ayam ras petelur 2.722.894 ekor, ayam ras pedaging 15.827.148 ekor, itik 254.100 ekor. Lampung Selatan merupakan salah satu penopang peternakan di Provinsi Lampung, dilihat dari segi produksi bahan asal hewan yang terdiri dari produksi ternak sapi, ayam ras broiler, daging ayam broiler dan telur ayam konsumsi.

Sektor peternakan tidak bisa lagi dianggap sub sektor pinggiran melainkan menjadi sektor unggulan dan sektor peternakan juga telah terbukti memiliki ketangguhan dalam menghadapi situasi krisis dengan demikian sektor peternakan ini sangat prospektif untuk dikembangkan serta menjadi potensi sumber pertumbuhan baru dalam pembangunan pertanian.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed