by

Kolaborasi BPPSDMP Dalam Menyiapkan Tenaga Professional Bidang Fasilitator Organik Ternak

MARGOPOST.COM | Bogor – Tugas peningkatan kualitas SDM Pertanian merupakan tugas bersama lintas sektor yang perlu diupayakan bersama-sama antara pihak pemerintah, swasta, dan juga masyarakat. Hal ini yang selalu ditekankan oleh Menteri Pertanian, Bapak Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., dalam beberapa kesempatan, dimana Mentan menyatakan sudah saatnya pembangunan SDM Pertanian digarap bersama-sama bersama semua stake holder sector pertanian.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr, mengatakan kegiatan ini akan mendukung 3 program aksi BPPSDMP untuk mencapai visi dan misi yang dicanangkan Presiden RI dan Menteri Pertanian.

Dalam Rangka Peningkatan kompetensi sumberdaya manusia pertanian, ,Masyarakat Peduli Pertanian Organik (MPPO) bekerjasama dengan Direktorat Pemasaran dan pengolahan Hasil Pertanian mengadakan Bimbingan Teknis untuk Fasilitator Ternak Organik.


Bimbingan Teknis untuk Fasilitator Ternak Organik dilaksanakan dari tanggal sejak tanggal 2 – 5 Agustus 2022 di ruang rapat utama I dan ruang rapat Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Gedung C Lantai 6 dan lantai 9. Materi yang disampaikan pada kegiatan bimtek ini adalah Sistem Pertanian Organik dan SNI 6729-2016 fokus Organik Ternak, Mengorganisasikan Pekerjaan, Melakukan Komunikasi Efektif, Membangun Jejaring Kerja dan Mengorganisasikan kelompok sasaran, Praktek Melakukan Komunikasi Efektif, Menganalisis Sejarah Lahan, Menganalisis Status Ternak, Mengelola Konversi Lahan, Mengelola Limbah Ternak, Menyusun Program Fasilitasi, Menyusun Rencana Pengendalian Penyakit, Melaksanakan Sistem Jaminan Mutu Ternak Organik, Melakukan Pemeliharaan Ternak, Menyiapkan Bibit Ternak Organik, Mengelola Pakan Ternak, Menyusun Formulasi Ransum, Mengelola Perkandangan dan Mempersiapkan Perkandangan,
Narasumber yang memberikan materi bimtek berasal dari para praktisi bidang organik Ternak, Lembaga Sertifikasi Pertanian Organik (LSPO), dan widyaiswara BBPKH Cinagara Bapak Yuniawan, S.Pt, M.Sc.

Akhir dari kegiatan bimtek ini dilakukan uji kompetensi bidang fasilitator organik ternak yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2022. Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan-Cinagara sebagai balai pelatihan terus memberikan peran terbaik bagi masyarakat terutama dalam peningkatan sumber daya manusia pertanian dan peternakan dengan motto berlatih, berkarya dan bermanfaat.(YNW)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed