Keputusan Akhir Pemilihan Wakil Indonesia untuk AICHR Periode 2019 – 2021

MARGOPOST.COM | Kementerian Luar Negeri RI telah menyelesaikan seluruh rangkaian Pemilihan Wakil Indonesia untuk AICHR Periode 2019 – 2021 yang telah berlangsung sejak Juni hingga Desember 2018 dan meliputi seleksi administrasi dan seleksi wawancara. Sesuai dengan kewenangan yang terdapat dalam =Terms of Reference of ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights (AICHR) serta setelah menimbang dengan seksama hasil dari keseluruhan proses pemilihan dimaksud, Kementerian Luar Negeri telah menetapkan:

Yuyun Wahyuningru​m

yang saat ini menjabat sebagai Senior Advisor on ASEAN and Human Rights pada Human Rights Working Group (HRWG) sebagai Wakil Indonesia untuk AICHR periode 2019 – 2021.

Kementerian Luar Negeri juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Wakil Indonesia untuk AICHR periode 2016 – 2018, yakni Sdr. Dinna Wisnu, atas dedikasi dan kontribusi yang siginifikan bagi pencapaian kepentingan Indonesia dalam pemajuan dan perlindungan HAM di ASEAN.

Indonesia selalu berkomitmen terhadap pemajuan dan perlindungan HAM di ASEAN serta mendorong proses seleksi yang terbuka dan melibatkan perwakilan dari berbagai pemangku kepentingan HAM nasional untuk mendapatkan profil Wakil Indonesia untuk AICHR yang independen dan kredibel. Indonesia merupakan pelopor dan salah satu dari sedikit negara anggota ASEAN yang melakukan seleksi secara terbuka dan menunjuk wakil dari kalangan non-pemerintah sebagai wakilnya di AICHR.

Dalam masa mendatang, Indonesia berkepentingan untuk mendorong penguatan upaya pemajuan dan perlindungan HAM oleh AICHR. Dengan terpilihnya Sdr. Yuyun Wahyuningrum sebagai Wakil Indonesia untuk AICHR diharapkan akan terdapat kesinambungan perjuangan Indonesia untuk mendorong implementasi penuh mandat AICHR, di samping terlaksananya program-program AICHR yang mencerminkan kepentingan Indonesia di bidang hak asasi manusia./hdr.-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *