by

Kepala Pusat Penyuluhan : Peran Strategis Penyuluh dalam Mendukung KOSTRATANI

MARGOPOST.COM | Bogor – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah mempertegas untuk segera menindaklanjuti Visi misi bapak presiden pada pembangunan pertanian Indonesia yang maju, mandiri dan modern. Tugas Utama Kementerian Pertanian adalah memenuhi kebutuhan pangan bagi 267 juta jiwa penduduk indonesia mensejahterakan petani dan meningkatkan ekspor komoditas pertanian. Instruksi mentan SYL ini diwujudkan melalui program utama Kementerian Pertanian t
menjadi Program Aksi Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian.

Kepala BPPSDMP Kementan Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr, mengatakan Untuk mewujudkan Tujuan Utama Kementerian Pertanian tersebut BPPSDMP melalui Program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani). Kostratani adalah pusat gerakan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan dengan menggunakan teknologi informasi 4.0. Komunikasi terhubung dari pusat hingga daerah. Kunci kostratani adalah optimalisasi BPP Balai Penyuluhan Pertanian memanfaatkan informasi teknologi, setiap tahun pembangunan dan juga rehabilitasi BPP.

Kepala Pusat Penyuluhan , Dr. Ir. Lely Nuryati dalam arahannya di depan para penyuluh pertanian di BBPKH Cinagara ( 04/03/2020) menyampaikan, ” Penyuluh memiliki peran strategis dan sangat penting dalam mendukung Kostratani dengan aksi penyuluh pertanian. Pemanfaatan teknologi informasi pertanian kita akan maju, modern, dan berdaya saing.”

” Penyuluh harus memanfaatkan teknologi informasi secara optimal, wajib mengupdate data Simluhtan,cybex, dan memanfaatkan video confrence untuk mewujudkan big data pertanian yang update, real time, dan akurat,” tambahnya.

Hal ini sesuai dengan pilar BPPSDMP profesional, mandiri, berdaya saing dan berjiwa wirausaha yang akan mampu meningkatkan kesejahteraan petani serta mampu menyediakan pangan bagi 267 jiwa, meningkatkan kesejahteraan petani, dan mampu meningkatkan ekspor hingga 3x ekspor.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed