by

Kementan melalui BBPKH Cinagara Cetak Profesi JULEHA Manado

MARGOPOST.COM | Bogor – Provinsi Sulawesi Utara menyelenggarakan Pelatihan Juru Sembelih Halal dan dilanjutkan dengan Uji Kompetensi pada tanggal 12 sampai 18 Oktober 2020 di Grand Whiz Hotel, Kota Manado. Pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) ini diselenggarakan untuk pertama kalinya di Provinsi Sulawesi Utara, atas beban biaya dari Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara, yang selanjutnya dikerjasamakan dengan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara.
Pelatihan Juleha dilaksanakan Senin (12/10/2020) dibuka secara resmi oleh Arbonas Hutabarat, selaku Kepala Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara. Hadir pada pembukaan Drs. Kalo Tahirun dari BPJPH Kemenag Sulut, M.Sofyan AP, MSi sebagai Kepala Dinas Peternakan Kelautan Kota Manado, KH Drs. Abdurrahman Latuka, Lc dari MUI Provinsi Sulawesi Utara dan BIr. Agus Triyanto, M.Si yang mewakili dari BBPKH Cinagara. Sedangkan jumlah peserta pelatihan sebanyak 30 orang yang terdiri atas calon juleha unggas 8 orang dan calon juleha ruminan 22 orang.


Dalam sambutannya secara virtual, Kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara, Wisnu Wasisa Putra mengucapkan apresiasi yang sebesar- besarnya kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara atas inisiasi dalam kegiatan pelatihan dan sertifikasi terhadap para Jurus Sembelih Halal ini. “Dari tangan juru sembeli halal inilah, terletak jaminan kehalalan produk pangan asal hewan yang kita konsumsi sehari, maka penting sekali untuk memberikan edukasi yang benar tentang sembelih halal kepada mereka” Ujar Wisnu

Widyaiswara BBPKH Cinagara Drh. Dwi Windiana menyampaikan “kegiatan pelatihan yang dilanjutkan dengan uji kompetensi ini, peserta diharapkan mampu membangun Komunitas Juru Sembelih Halal di wilayah Sulawesi Utara, khususnya di Kota Manado agar memiliki kekuatan dalam penyediaan pangan asal hewan yang Aman, Utuh dan Halal (ASUH) sehingga masyarakat yakin dan tenteram batinnya mengkonsumsi pangan asal hewan.”tutup Dwi (12/10/2020)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed