by

Keamanan Pangan Untuk Kesehatan Manusia

MARGOPOST.COM | Bogor – Perserikatan Bangsa–Bangsa (PBB) pada tanggal 20 Desember 2018, mendeklarasikan World Food Safety Day yang diperingati setiap 7 Juni. Untuk tema peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia (HKPS). Pada tahun 2019, diusung tema Food Safety, Everyone’s Bussiness. Tema ini mengajak semua pemangku kepentingan pangan nasional perlu meningkatkan pengendalian untuk pencegahanh terjadinya masalah keamanan pangan.

Hingga saat ini keamanan pangan masih menjadi sentral permasalahan di masyarakat, karena karena masih banyaknya kejadian kasus-kasus keracunan bahan pangan maupun semakin meningkatnya kesadaran dan tuntutan masyarakat terhadap makanan yang aman, sehat, utuh dan halal. ​Hal yang perlu diketahui oleh masyarakat selaku konsumen adalah bahwa setiap bahan pangan baik segar maupun olahan, pada dasarnya sangat memungkinkan mengandung residu bahan kimia yang dilarang dan sangat membahayakan kesehatan manusia. Bahan pangan dapat menjadi tidak aman karena adanya atau masuknya bahan-bahan berbahaya yang dapat berupa agen biologi (terutama mikroba pathogen), agen kimia atau benda lain (fisik) yang dapat meracuni atau membahayakan kesehatan manusia yang mengkonsumsinya. Keracunan pangan tersebut tidak hanya menimbulkan kerugian ekonomi maupun sosial, tetapi juga mengakibatkan banyaknya korban menderita sakit bahkan meninggal dunia.ujar Widyaiswara BBPKH Cinagara Dwi Windiana.

Menyikapi hasl tersebut di atas, setiap insan pangan, harus mengutamakan keamanan pangan baik produsen (petani, nelayan, peternak, pekebun), pengolah (industri pengolah), pedagang, peritel dan konsumen untuk selalu memastikan bahwa setiap produk pangan yang diproduksi, dikembangkan, diolah, diperdagangkan dan dikonsumsi harus aman, dalam pengertian harus tidak menganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia dan bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat.tutup dwi.

loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed