Farrel Julio Kreator Musik “EDM” Muda Tanah Air Yang Terus Berkarya

MARGOPOST.COM | DEPOK – Usia muda adalah usia emas untuk menemukan dan mengembangkan bakat yang kita miliki. Tentunya kita awali dari hal-hal sederhana yang kita sukai seperti, musik, olahraga, akting dan lain-lain, kemudia berkembang ke hal-hal yang lebih serius lagi.

Di jaman saat ini (“jaman now”) kita diuntungkan dengan berkembangnya dunia digital, sehingga hasil karya musik atau video kita dengan mudah kita unggah di internet melalui kanal  youtube.com  dan dishare ke masyarakat luas melalui berbagai sosial media. Di era digital seperti ini, karya seni anak bangsa bisa kita nikmati secara gratis dan mudah. Terutama dalam bidang musik.

Farrel Julio usia 14 tahun mengawali karyanya dengan menciptakan berbagai aransemen musik yang dinamis, yang kemudian diunggahnya di youtube untuk bisa dinikmati para pengguna youtube di seluruh dunia. Siswa kelas 3 SMP BPK Penabur Kota Depok ini, memiliki bakat sebagai kreator musik karena setiap musik yang ia ciptakan memiliki melodi yang harmonis dan aransemen yang cukup rapih. Ada berbagai varian tempo musik yang ia ciptakan, ada yang mengalun dengan bit yang pelan, bit menengah, sampai cepat dengan gendre musik EDM (Electronic Dance Music).

Beberapa hasil karya komposisi musik nya yang sudah diunggah di channel youtube Farrel Julio seperti : Life, Busy, You, Tears, Universe, Secret, Holiday, Christmas Warmth, Dreams,  dan yang terbaru Farrewell. Jika kita ulas beberapa lagu-lagu hasil karyanya, dalam aransemen lagu “Life” terdengar alunan melodi yang menyentuh dan perpaduan ritem yang harmonis serta dentuman drum dengan bit pelan. Dalam lagu “You” aransemen terdengar nada-nada lebih enerjik dan perpaduan efek-efek suara synthesizer. Sementara dalam lagu “Tears” terdengar dominasi melodi nada pentatonik minor dan diperkaya efek suara  synthesizer serta ketukan drum yang enerjik dengan tempo sedang. Tentunya cukup asik jika kita dengarkan dengan sound system yang lebih besar. Dalam lagu “Universe” dan “Secret” serta “Holiday” terdengar alunan komposisi bit-bit yang lebih riang dan bersemangat, dalam lagu ini efek-efek synthesizer juga tetap terdengar meramaikan aransemen musiknya. Dalam lagu “Dreams” aransemen lagu terdengar santai dan ringan namum membawa suasana hati yang riang. Sementara dalam lagu unggahan terbarunya di youtube yang berjudul “Farrewell” terdengar komposisi musik dengan petikan gitar yang menyentuh dan dipadu dengan hentakan drum bit yang emosional pada bagian reff. Demikian sekelumit ulasan yang penulis sampaikan melalui pendengaran dan pemahaman musik yang penulis pahami.

Foto : Farrel Julio bersama DJ Dealova pada acara malam pergantian tahun 2019, di hotel Arya Duta Bandung

Jika kita lihat secara global di belahan dunia popularitas EDM sendiri memang mulai menanjak dan mampu menarik perhatian pecinta musik, apalagi yang menggandeng penyanyi papan atas. Kita bisa ambil contoh musisi EDM populer seperti Calvin Harris, David Guetta, Skrillex dan masih banyak lagi. Musik ini sebenernya bukan genre baru, namun peran teknologi sekarang yang bikin EDM menjadi ngehits banget.

Belakangan ini di tanah air geliat musik EDM juga cukup mendapatkan perhatian dari kalangan pecinta musik terutama kalangan muda. Banyak musisi-musisi tanah air yang mulai muncul ke permukaan dan ikut meramaikan perkembangan musik di Indonesia. Beberapa kreator musik EDM di tanah air yang saat ini terus berkembang dan menciptakan berbagai karya-karya musik seperti Dipha Barus, Midnight Quicky, Angger Dimas, Soundwave, Midnight Quicky, Winky Wiryawan, dan banyak lagi.

Farrel Julio yang biasa menampilkan icon “J” di chanel youtube-nya, adalah salah satu generasi kreator musik EDM anak bangsa yang usianya masih muda namun produktif dengan karya-karya musiknya. Tentunya kita berharap kreator musik muda siswai SMP BPK Penabur Kota Depok ini masih akan terus menciptakan karya-karya musik terbaiknya untuk memperkaya musik tanah air dan juga bisa menambah banyaknya generasi musisi-musisi berbakat di tanah air. /*ODT

One thought on “Farrel Julio Kreator Musik “EDM” Muda Tanah Air Yang Terus Berkarya

  • January 23, 2019 at 2:29 pm
    Permalink

    ADEK KELAS GW NIH, DE BEST NIH ANAK NIH… GW DUKUNG JD DJ ASLI LU REL

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *