by

EVALUASI PELATIHAN INVESTIGASI KLB/WABAH TERPADU BERBASIS ONE HEALTH BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOGI LAPANGAN

MARGOPOST.COM | Bogor – Pelatihan Investigasi KLB/wabah Terpadu Berbasis One Health Bagi Petugas Epidemiologi Lapangan  telah diselenggarakan pada tanggal 1 – 5 Juli 2019 di Sumatera Barat dengan melibatkan lintas sektor yaitu sektor kesehatan, kesehatan hewan dan lingkungan hidup.  Pelatihan ini merupakan kerjasama antara Indonesia One Health University Network (INDOHUN), Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto, Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara, Kementerian Koordinasi PMK dan Kementerian Dalam Negeri. Pola pelatihan terbagi dalam metode on line, in class dan praktek lapang di Kabupaten Payakumbuh. Ujar Widyaiswara BBPKH Cinagara Drh.Dwi Windiana.

Pertemuan pembahasan evaluasi pelatihan dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 13 Agustus 2019 bertempat di Universitas Indonesia dihadiri oleh perwakilan INDOHUN, BBPKH Cinagara, Kemenkes, Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo serta Prof. Dr.dr. Sudarto Ronoatmodjo SKM, MSc.  Hasil evaluasi menunjukkan rata-rata peserta mudah mengakses internet saat on line, mudah memahami modul dan tayangan yang tersedia serta fasilitas film/video sebagai suplemen materi sangat membantu dalam proses pembelajaran. Kegiatan in class dan praktek lapang dirasakan kurang sehingga pada akhir pelatihan belum terbangun sebagai Tim One Health.

Sebagai tindak lanjut hasil evaluasi, pola dan kurikulum akan ditinjau untuk penyempurnaan dan kegiatan dapat dilanjutkan untuk diselenggarakan pada provinsi lainnya.tutup Dwi.

loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed