by

Empat Komponen Penting Bangun Rumah Konvesional

MARGOPOST.COM |Jakarta – Dalam wujudkan Rumah Tahan Gempa (RTG), masyarakat harus memahami pentingnya empat bagian ini yakni pondasi, kolom, kuda-kuda, dan dinding yang akan membuat rumah tipe konvesional tahan terhadap potensi gempa.

Peneliti Senior Pusat Permukiman dan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dany Cahyadi, mengatakan, empat hal tersebut sangat penting dalam membuat sebuah bangunan rumah yang tahan dari ancaman gempa di Indonesia. Dengan memenuhi keempat hal akan saling terikat satu sama lain sehingga sebuah bangunan rumah akan kokoh dari terjangan terhadap gempa yang bisa terjadi.

“Empat hal ini harus dipenuhi oleh masyarakat kalau ingin membangun rumah,” kata Dany Cahyadi kepada InfoPublik, Rabu (12/2/2020).

Saling terkaitnya empat hal ini, akan menahan getaran atau goyangan dampak gempa yang terjadi dalam satu waktu. Sehingga menyebabkan, sebuah bangunan rumah bisa bertahan tetap kokoh dalam guncangan gempa yang dapat terjadi hingga beberapa skala magnitudo.

“Sebuah bangunan akan menjadi kuat bila keempat komponen saling tersambung dengan baik,” imbuhnya.

Masih banyak di berbagai tempat lain, kata Dany, bangunan rumah tinggal yang tidak melengkapi empat komponen tersebut. Masyarakat belum menyadari arti pentingnya memenuhi empat komopnen dalam sebuah bangunan rumah.

“Masih banyak masyarakat yang belum menyambungkan antara kempat komponen diatas sehingga rumah tidak tahan diterpa gempa,” tuturnya.

Dia mencontohkan, masih banyak masyarakat yang berada di wilayah rawan gempa hingga saat ini belum menyadari pentingnya memenuhi empat syarat tersebut. Sehingga ketika gempa terjadi rumahnya akan hancur lebur diterpa gempa yang terjadi.

“Belajar dari rumah yang hancur diterpa gempa, bagian kolom jarang disambungkan dengan komponen lainnya,” pungkasnya.

loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed