by

DUKUNGAN PENUH BBPKH CINAGARA TERHADAP POTENSI WILAYAH KABUPATEN PANDEGLANG UNTUK MENDUKUNG PROGRAM GRATIEKS DAN SIKOMANDAN

MARGOPOST.COM | Bogor – Potensi ternak di Kabupaten Pandeglang cukup menjanjikan karena lokasi yang strategis dekat dengan pasar jabodetabek serta ketersediaan lahan dan sarana pendukung yang besar. Selain itu ketersediaan pakan ternak yang cukup karena area lahan kosong yang masih banyak juga turut mendukung pengembangan sektor peternakan khususnya sapi potong, kerbau dan domba. Pandeglang juga merupakan salah satu pemasok kebutuhan domba untuk hewan kurban nasional. Beberapa wilayah percontohan pengembangan potensi ternak domba juga pernah dilakukan di kabupaten pandeglang bekerjasama dengan Balai penelitian peternakan (Balitnak). BBPKH Cinagara menangkap kemungkinan potensi yang tinggi di wilayah kabupaten ini dan juga menganalisa keberadaan petugas kesehatan hewan yang jumlahnya masih sangat terbatas untuk melakukan pelayanan di seluruh wilayah kabupaten pandeglang. Bentuk dukungan penuh dari BBPKH cinagara bogor bagi kabupaten pandeglang melalui pelaksanaan pelatihan teknis budidaya dan kesehatan hewan bagi penyuluh. Melalui penyuluh ini nantinya diharapkan dapat tersosialisasi secara menyeluruh kepada peternak bagaimana cara memelihara ternak yang baik dan juga cara menjaga kesehatan ternak yang baik sehingga ternaknya dapat memiliki tingkat produksi yang baik dan juga tingkat status kesehatan reproduksi yang baik sehingga nantinya diharapkan dapat terjadi peningkatan populasi ternak di wilayah kabupaten pandeglang dan target investasi bagi investor di pandeglang juga dapat mendukung pengembangan sektor peternakan, tidak hanya di bidang industri dan pariwisata.

Pelatihan diselenggarakan selama 3 hari yaitu mulai dari 24 s.d 26 Februari 2020 yang dilaksanakan di Balai pelatihan pertanian (BPP) Mandalawangi serta dihadiri oleh peserta berjumlah 30 orang. Melalui serangkaian kegiatan pelatihan ini, penyuluh mendapatkan materi mengenai budidaya sapi dan kerbau, biosekuriti, manajemen kesehatan sapi potong, kebuntingan dan kelahiran pada sapi dan kerbau, pengenalan penyakit, menentukan kelayakan akseptor serta pengaruh nutrisi terhadap performance sapi. “kami berharap program ini dapat menjadi inisiasi bagi kabupaten pandeglang untuk turut serta dalam melakukan pengembangan munculnya job creator yang dapat menyerap lapangan pekerjaan dan juga meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.” Kata kepala balai besar pelatihan kesehatan hewan cinagara bogor drh. Wisnu Wasisa Putra, MP.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed