by

Dukung SIKOMANDAN, BBPKH Cinagara Gelar Pelatihan Pengelolaan Pakan di Kota Bogor

MARGOPOST.COM | Bogor (25/02/2020) – Pemerintah khususnya Kementerian Pertanian terus berupaya menggenjot produksi sapi dan kerbau sebagai komoditas ternak andalan melalui program SIKOMANDAN. Salah satunya melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang peternakan. Hal ini diwujudkan BBPKH Cinagara Bogor dengan menggelar Pelatihan Tematik Peternakan Pengelolaan Pakan Mendukung SIKOMANDAN di Kota Bogor.

“Tantangan dan peluang sektor pertanian di Kota Bogor masih terbuka lebar, saat ini produksi sektor peternakan baru mencukupi 3,5 % dari kebutuhan, ” ujar Drs. Anas S Ramana, MM., Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor saat membuka pelatihan.

” Lahan di perkotaan yang sempit bukan halangan untuk peningkatan produktifitas pertanian dan peternakan, semua bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Pelatihan ini sangat baik untuk meningkatkan minat generasi muda di bidang pertanian dan peternakan” tambah Anas.

Pelatihan Tematik Peternakan Pengelolaan Pakan Mendukung SIKOMANDAN ini dilaksanakan sejak tanggal 24 hingga 26 Februari 2020 di Kebon Pedes, yang dikenal sebagai sentra peternakan sapi perah di Kota Bogor sejak zaman Belanda. Sebanyak 35 peserta dari kelompok ternak, penyuluh, dan petugas sangat antusias mengikuti pelatihan. Meski diguyur hujan deras saat pelaksanaan, peserta tetap semangat dalam menerima materi dan praktek langsung mengolah pakan silase, pakan lengkap, dan urea mineral blok.

“Pengolahan pakan baik berupa silase dan pakan lengkap ini diharapkan mampu meningkatkan kandungan nutrisi pakan ternak sehingga meningkatkan produksi ternak , ” ujar drh. Sri Gatiyono, M.Sc, widyaiswara BBPKH Cinagara. (/RHB)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed