by

Daring di tengah Covid membuat Penyuluh Pertanian tetap Semangat

MARGOPOST.COM | Bogor – Berdasarkan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang menekankan pentingnya pengembangan sumber daya manusia untuk mengoptimalkan sektor prtanian kedepan, maka BBPKH cinagara tetap merencakan untuk melaksanakan pelatihan teknis Informasi Teknologi secara online berbasis web untuk Penyuluh Pendamping KOSTRATANI. Pengembangan KOSTRATANI (Komando Strategi Pembangunan Pertanian) tingkat kecamatan dalam rangka mendukung program utama kementerian pertanian, ketersediaan sumber daya manusia pertanian yang terampil dan profesional sangat diperlukan pemberdayaan sesuai dengan bidang keilmuannya, agar program KOSTRATANI ini berjalan dengan baik dan sesuai target.

Pada Pembukaan Pelatihan online (Daring) Informasi Teknologi (IT) bagi penyuluh dalam mendukung program KOSTRATANI angkatan I Kepala Pusat Pelatihan Pertanian (PUSLATAN) Bustanul Arifin Caya mengingatkan pesan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi bahwa saat ini Kementerian Pertanian bertransformasi dari pertanian tradisional menjadi pertanian modern dan era industri 4.0 yang memiliki ciri penggunaan teknologi informasi dan internet bagi para pelaku usaha pertanian. Pelaksanaan pelatihan IT bagi penyuluh dalam mendukung program kostratani dengan sistem online berjalan dengan lancar dari tanggal 28 sampai dengan 30 April 2020 karena didukung dengan tenaga fasilitator yang terampil sesuai dengan bidangnya yaitu dari Pusat Penyuluhan Pertanian yang memberikan pembelajaran Aplikasi dan publikasi informasi pertanian serta dari Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertanian.

Pelatihan online (daring) dengan peserta dari wilayah pendampingan kostratani yaitu Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran dan Kota Banjar. “30 peserta yang mengikuti daring dari wilayah Cibandar (Ciamis Banjar dan Pangandaran) merupakan penyuluh pendamping yang menjamin ketersediaan pangan untuk masyarakat Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan petani sesuai arahan Menteri Pertanian RI” Ungkap Wisnu Wasisa Putra, Kepala BBPKH Cinagara.

Pelatihan IT bagi penyuluh dalam mendukung KOSTRATANI yang dilaksanakan selama 3 hari ini menggunakan teknologi video conference dengan aplikasi zoom cloud meeting juga web melalui moodle di link www.elearningbbpkh.com untuk pembelajaran menggunakan live chat sebagai forum diskusi, share materi pembelajaran dan penugasan serta evaluasi penyelenggaraan pelatihan. Serangkaian pembelajaran diakhiri dengan penutupan melalui video conference juga disiarkan secara live melalui youtube pada tanggal 30 April 2020.

“Pertanian merupakan garda terdepan pencegahan infeksi covid-19 oleh karena itu diharapkan pelatihan ini penyuluh pertanian pendamping dapat menerapkan ilmunya agar dapat mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan modern”, Tutup Wisnu Wasisa Putrad pesan penutup diakhir sesi pelatihan online ini. (NL.24/04/20)
#pertanianmelawancovid-19

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed