by

BPPSDMP Tingkatkan Kemampuan SDM Pertanian Melalui Sertifikasi Kompetensi

MARGOPOST.COM | Bogor – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menegaskan bahwa “pertanian menjadi jawaban dari aktivitas-aktivitas pemerintah yang secara kasat mata meningkatkan kesejahteraan rakyat. Senada dengan hal itu, Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, juga menegaskan bahwa “pertanian harus berjalanbahkan harus meningkat, sehingga kebutuhan pangan masyarakat dapat terjamin keberlangsungannya”.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr, mengatakan kegiatan ini akan mendukung 3 program aksi BPPSDMP untuk mencapai visi dan misi yang dicanangkan Presiden RI dan Menteri Pertanian.
“Rencana peningkatan mutu SDM Pertanian tersebut tertuang dalam Program Aksi BPPSDMP yang akan dilakukan simultan di tahun 2021 ini. Kita bangun SDM Indonesia agar professional, mandiri, berdaya saing dan berjiwa entrepreneurship yang tinggi. Karena SDM itu motor terbesar dalam peningkatan produktivitas disamping prasarana lainnya,” ungkap Kepala BPPSDMP, Prof Dedi Nursyamsi

Sebagai implementasi dan tupoksi sebagai lembaga pelatihan, maka Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH)- Cinagara Bogor sebagai unit pelaksana teknis (UPT) BPPSDMP Kementan menyelenggarakan Sertifikasi Kompetensi Penyuluh Pertanian,Sertifikasi ini dilaksanakan di Aula BBPKH Cinagara. jumlah penyuluh yang mengikuti sertifikasi kompetensi ini sebanyak 60 Orang, Acara pembukaan sendiri dilaksanakan pada hari senin, 09/08/2021.

Pelatihan ini Di buka oleh Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Dr. Ir. Leli Nuryati, M.Sc “Peserta harus semangat, Kompetensi SDM Pertanian harus meningkat untuk mendukung peningkatan produktivitas, kualitas, kontinuitas produk pertanian” (Senin, 09/08/2021).

Acara berlangsung selama 3 hari dari Tanggal 09-11 Agustus 2021. Pesertanya terdiri dari penyuluh pertanian dari Wilayah Provinsi Banten dan DKI, Acara ini di laksanakan sesuai Protokol Kesehatan dari Satgas Covid-19 (Senin, 09/08/2021).

BBPKH Cinagara Berharap para penyuluh pertanian mampu mengimplementasikan hasil yang diperoleh selama proses sertifikasi pada wilayah kerjanya sehingga akan berdampak terhadap kemajuan SDM profesional bidang pertanian.(Senin, 09/08/2021)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed