Bimbingan TeknisPra Modul IV-Program Epidemologi Lapangan Veteriner Indonesia (PELVI)

MARGOPOST.COM | Bogor – Bimbingan Teknis Pra Modul IV adalah lanjutan dari Bimtek PELVI Modul 1-2 dan Modul 3 yang telah dilaksanakan di Tangerang dan Bali. Bimtek merupakan Kerjasama Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Food Agricultural Organization (FAO), ALRT ASIA dan BBPKH Cinagara. Bimtek Pra Modul IV ini dilaksanakan di hotel Grand Kaisha by Horison Yogyakarta tanggal 8-11 Januari 2019 dan dibuka oleh Direktur Kesehatan Hewan (Dr. Fadjar Sumping Tjatur Rassa, Ph.D.), Perwakilan FAO (Luuks Schoonman) dan Kepala Balai BBVet (drh Bagus Poermadjaja, M.Sc.). Peserta sebanyak 19 orang berasal BVet Medan, BVet Bukit Tinggi, BVet Lampung, BVet Subang, BBVet Wates, BBVet Denpasar, BBVet Maros, BVet Banjar Baru, Ditjen. PKH, BPMPSH dan BBPKH Cinagara.

Tujuan Bimtek Pra Modul IV adalah evaluasi tugas peserta dari modul 3 mengenai penulisan dan presentasi laporan Investigasi Outbreak (OI) yang telah dilaksanakan. Setiap peserta mempresentasikan hasil investigasi outbreak dan di evaluasi serta dinilai oleh tim reviuwer yaitu Dr. Karoon Chanchai (FETPV Thailand), Prof. Setiawan Budiharta (AEVI), Dr. Etty (IPB), dan Dr. Widagdo (UGM).

“Bimtek ini sangat penting karena kedepan di masing-masing Balai Veteriner akan memiliki epidemiolog yang handal yang diharapkan dapat menjadi ujung tombak dalam penyidikan, penelusuran dan pengendalian penyakit di lapangan” ujar Dr. Fadjar Sumping Tjatur Rassa, Sabtu (12/01/2018).

“Kami BBVet Wates sangat mengapresiasi acara ini karena staf kami ditingkatkan kompetensinya. Saya terus memantau perkembangan kompetensi staf kami yang menjadi peserta Bimtek ini dan menurut pantauan saya sangat baik perkembangannya” Ujar Drh. Bagus Poermadjaja, M. Sc.

“Dalam Bimtek Pra Modul IV, selain kami dituntut mampu melakukan investigasi outbreak penyakit juga mampu menulis laporan investigasi outbreaknya, membuat makalah ilmiah dan mempresentasikan hasil investigasi tersebut. Banyak, ilmu dan pengalaman luar biasa yang sdh kami dapatkan” ujar Drh. Heris Kustiningsih (peserta dari BBPKH Cinagara).

’’Setelah Bimtek Pra Modul IV masih ada beberapa kegiatan lagi selain Bimtek Modul IV yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Maret s.d April 2019,” tutup Heris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *