by

Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Petani di Agro Edu Wisata Organik Mulyaharja

MARGOPOST.COM | Bogor – BBPKH Cinagara dan PPMKP Ciawi, serta DKPP kota Bogor telah melaksanakan kerjasama Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani pada tanggal 21-22 Mei 2021. Bimtek tersebut dihadiri oleh Kepala BPPSDMP (Prof. Dr. Ir Dedi Nursyamsi, Magr), Kepala Dinas pertanian DKPP Kota Bogor (Drs. Anas Rasmana, MM), Anggota DPR komisi IV (Dr. Ir. Hj Endang S Thohari, DESS.M.Sc), yang membuka acara Bimtek, Kepala PPMKP Ciawi, dan perwakilan dari kantor walikota Bogor, beserta Widyaiswara BBPKH Cinagara.

Dalam sambutannya kepala BPPSDMP menyampaikan apresiasi kepada penyuluh pertanian, kelompok wanita tani (KWT), dan petani peternak lainnya di Kelurahan Mulyaharja yang berkesempatan untuk mengikuti kegiatan bimtek. Pada kesempatan yang sama Kepala BPPSDM juga menyampaikan bahwa kunci keberhasilan pembanguan pertanian adalah peningkatan produktivitas, melalui indeks kinerja penyuluh diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian (produktivitas tanaman pangan, holtikultura, tanaman perkebunan, dan bidang peternakan) di wilayah binaan masing-masing.


Widyaiswara BBPKH Cinagara yang berperan sebagai narasumber dalam bimtek ini, dengan pemberian materi budidaya ternak unggas yang disampaikan oleh wilmy rahmah W.SPt.MP, budidaya ternak domba oleh alfetmi setyawati S.Pt.MSi, dan budidaya ternak sapi oleh Dr. drh.E.Nia Setiawaty.MP. Materi budidaya ini ditekankan pada 7 sapta usaha yaitu bibit, pakan, perkandangan, pemeliharaan, pemasaran, kesehatan, dan pasca panen
Peserta Bimtek yang berjumlah sebanyak 60 orang sangat antusias dalam mengikuti materi yang disampaikan oleh widyaiswara, dikarenakan materi yang diberikan sangat bermanfaat bagi peserta, khususnya bagi pelaku usaha di bidang peternakan yang sudah memiliki ternak ayam, domba dan sapi di kelompoknya masing-masing.

Bimtek peningkatan kapasitas petani ini sangat strategis dilaksanakan, karena bermanfaat dalam membantu petani peternak khususnya dalam peningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang peternakan, terutama bagi kelompok peternak yang akan mendapatkan bantuan berupa ternak sapi dari Dinas Pertanian maupun dari Komisi IV DPR. Harapan dari narasumber adalah para peserta dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang didapatkan dalam kegiatan Bimtek ini (Wilmy Rahmah W, 22/05/2021)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed