by

BBPKH CINAGARA SELENGGARAKAN WEBINAR NASIONAL JURU SEMBELIH HALAL

MARGOPOST.COM | Bogor – CTP merupakan kegiatan dalam jaringan yang diselenggarakan oleh BBPKH Cinagara atau biasa dikenal dengan Continous training program. Kegiatan CTP Juleha telah dilaksanakan sebanyak 3 sesi selama masa covid-19 ini, tujuan diadakannya CTP Juleha ini berkaitan dengan peran serta seorang Juleha dalam penyembelihan halal dimana merupakan titik kritis kehalalan produk daging yang beredar di masyarakat. Selain peranan seorang juleha diteguhkan juga dengan peraturan Undang – Undang No 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal dalam rangka memberikan perlindungan dan  kehalalan produk yang dikonsumsi dan digunakan masyarakat.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menyampaikan bahwa saat ini Kementerian Pertanian bertranformasi dari pertanian tradisional menjadi pertanian modern dan Era Industri 4.0, yang memiliki ciri penggunaan teknologi informasi dan internet para pelaku usaha pertanian. “Program CTP ini telah kami rancang bahkan sebelum adanya serangan wabah covid-19 ini
CTP Juleha Sesi ke-3 ini diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 23 Juli 2020 pada Pukul 13.00 s.d15.10 Wib.
Kegiatan CTP ini dibuka oleh Kepala BBPKH Cinagara Drh.Wisnu Wasisa Putra, MP.
Sedangkan materi di sampaikan oleh Widyaiswara BBPKH Cinagara.

Sementara dari penyelenggaraan ini diikuti peserta sebanyak 109 orang via ZOOM meeting dan sebanyak 153 viewers via youtube. Kegiatan CTP Juleha kali ini merupakan kajian yang sangat dinantikan ditengah Pandemi yang terjadi karena berhubungan dengan kondisi kegiatan iduladha, dimana peran serta seorang juleha dibutuhkan dalam menghasilkan produk daging yang halal serta seperti apakah juleha yang berkompeten dalam pekerjaannya sehingga memiliki kesempatan dalam mengikuti sertifikasi kompetensi mendatang, sehingga harapan kedepannya pelaksanaan juleha kali ini para peserta mampu memerankan tugasnya dengan baik dan sesuai tuntunan syariat islam di masa pandemic covid 19, selain itu aturan yang menerapkan tugas fungsi juleha berupa Unit Kompetensi yang tertuang pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No 196 Tahun 2014.

Kegiatan CTP Persiapan Sukses mengikuti sertifikasi kompetensi juleha sudah diadakan sebanyak 3 sesi di tahun 2020 ini yaitu pada bulan April, Mei dan Juli disebabkan oleh banyaknya peminat yang ingin mengikuti kegiatan ini. Menurut Jaka, salah seorang peserta yang berasal dari Bekasi menyampaikan “dengan adanya kegiatan ini kita menjadi tahu apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kompetensi kita selain itu terkait problematika Stunning juga sudah dijabarkan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed