by

BBPKH Cinagara Mengandeng Dinas Perikanan Dan Peternakan Kabupaten Kuningan Guna Mendukung Sikomadan

MARGOPOST.COM | Bogor – BBPKH Cinagara bersama Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan melaksanakan diklat tematik peternakan yang bertema “ Pengendalian Penyakit Hewan untuk mendukung Sikomandan” pada tanggal 18 – 20 Februari 2020. Diklat tematik peternakan ini dibuka langgsung oleh Kepala dinas perikanan dan peternakan yaitu Ir. H. Dodi Nurochmatudin, MP yang didampingi kabid peternakan  Lya Priliawati S.Pt, MP dan dari BBPKH Cinagara diwakili Kepala SubBagian Kepegawaian dan Rumah Tangga oleh Wida Hayinah Lekomaya, S.Si. Diklat ini di ikuti oleh 35 peserta yang berasal dari 6 UPTD Puskeswan, 5 UPTD Perikanan dan Peternakan, 2 Pejabat fungsional berlatar peternakan, 1 UPTD RPH, 1 UPTD balai benih ikan, Paramedis Veteriner dan Petugas Inseminator.

Materi yang diberikan pengenalan dan pencegahan penyakit Brucellosis dan Endometritis yang merupakan penyakit menular pada sapi yang sangat merugikan dan penyakit yang sering terjadi pada pada sapi meskipun tidak menular yaitu kembung dan keracunan. Selain pengendalian penyakit materi nutrisi atau pakan yang mendukung reproduksi juga diberikan karena penting dalam budidaya sapi untung meningkatkan populasi sehingga diharapkan satu induk, 1 pedet, 1 tahun dapat mewujudkan progran Sikomandan.

Materi pelatihan menggunakan metode ceramah, diskusi dan praktek. Materi ini diberikan oleh fasilitator dari dinas perikanan dan peternakan yang didampingi oleh widyaiswara BBPKH Cinagara drh. Dwi Walid Retnawati, M.Sc Sebagai Penjamin mutu Materi Pelatihan sehingga ilmu yang diperoleh sesuia sasaran dan dapat diaplikasinya di wilayah kerja masing-masing.

Pelatihan diklat tematik peternakan ditutup pada tanggal 20 februari 2020 oleh kepala bidang peternakan Lya Priliawati S.Pt, MP didampingi oleh kepala seksi peternakan drh. Rofiq dan widyaiswara BBPKH Cinagara.  Kabid peternakan berharap kerjasama dinas Perikanan dan Peternakan Kuningan dengan BBPKH Cinagara Bogor terus terjalin karena peningkatan SDM di kabupaten kuningan masih banyak diperlukan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed