by

BBPKH Cinagara : Membangun Pelatihan One Health di Yogyakarta

MARGOPOST.COM | Yogyakarta –  Kolaborasi Kementerian Koordinasi Pembangunanz Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto – Kementerian Kesehatan, Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara – Kementrian Pertanian dan Indonesia One Health University Network (INDOHUN) menyelenggarakan Pelatihan Investigasi KLB/Wabah dengan Pendekatan One Health Bagi Petugas Epidemiologi Lapangan di Balai Pelatihan Kesehatan, Daerah Istimewa Yogyakarta, tanggal 29 September – 6 Oktober 2019.

Pelatihan ini diikuti oleh lima kabupaten dalam Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, Kabupaten Wonogiri dan Sukoharjo dengan komposisi masing-masing kabupaten terdiri atas tiga unsur dari sektor kesehatan masyarakat dan tiga unsur dari kesehatan hewan.  Fasilitator juga berasal dari unsur kesehatan masyarakat dan kesehatan hewan dengan proses pembelajaran tim teaching. Tujuan pelatihan terwujudnya penanganan KLB/Wabah yang bersumber hewan di lapangan secara terpadu, khususnya penyakit zoonosis. Ujar Widyaiswara BBPKH Cinagara Drh.Dwi Windiana. M.Si

Desa Purwosari – Kecamatan Girimulyo dipilih sebagai lokasi praktek investigasi KLB/Wabah.  Kegiatan praktek dilakukan dengan menerapkan langkah-langkah investigasi KLB/Wabah terpadu dengan metode simulasi penyakit anthraks selanjutnya praktek analisis dan komunikasi risiko dengan metode role play bersama local leader dan komunikasi bersama masyarakat, tutup dwi.

loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed