by

BBPKH Cinagara Laksanakan Pelatihan Teknis Bagi Aparatur (Pengelolaan Penyakit Hewan) di Kab. Dairi

MARGOPOST.COM | Sidikalang – BBPKH Cinagara melaksanakan kegiatan pelatihan teknis bagi aparatur (pengelolaan penyakit hewan) yang diselenggarakan pada tanggal 26 s.d. 28 Juli 2021 bertempat di Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi.
Pembukaan pada pelatihan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Dairi, Bapak Dedy Sofian Ujung, S.K.H. dan Kepala Bidang Perikanan dan Peternakan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Dairi yaitu Ibu Drh. Ermawati Berutu serta Widyaiswara dari BBPKH Cinagara mewakili Kepala BBPKH Cinagara yaitu Dr. Drh. Euis Nia Setiawati, MP.

Peserta pada pelatihan tersebut berjumlah 30 orang (Aparatur). Tema pelatihan tersebut adalah “Pelatihan Pengendalian Penyakit Hewan”. Narasumber pada pelatihan tersebut adalah Sekretaris Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Dairi yaitu Bapak Dedy Sofian Ujung, S.K.H. Kemudian Kepala Bidang Perikanan dan Peternakan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan yaitu Ibu Drh. Ermawati Berutu serta Widyaiswara BBPKH Cinagara yaitu Dr. Drh. Euis Nia Setiawati, MP. Metode pelatihan terdiri dari ceramah, diskusi, dan praktik lapang.

Kesempatan baik ini mari kita sambut dengan semangat dan rasa syukur, karena kali pertama di Kab. Dairi berkesempatan untuk mendapatkan manfaat dari Pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian yang dijalankan atas kerjasama antara BBPKH Cinagara dengan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Dairi Prov. Sumatera Utara.

Arahan Sekdis selanjutnya dalam pembukaan pelatihan tersebut adalah agar munurunnya kejadian penyakit Hewan, meningkatkan Produksi dan Produktifitas ternak dan meningkatnya pengetahuan petugas tentang Penyakit Hewan Menular sedangkan sasaran dari kegiatan ini adalah hewan-hewan milik masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan di Kabupaten Diairi Prov. Sumatera Utara.

Upaya pelaksanaan kegiatan pengendalian penyakit hewan pada ternak tidak hanya dengan melakukan pemeriksaan/diagnosa dan pengobatan/perlakuan saja, tetapi juga diperlukan upaya peningkatan pengetahuan peternak tentang manajemen kesehatan hewan, karena tingkat pengetahuan petugas tentang kesehatan ternak sangat memegang peranan penting terhadap timbulnya penyakit pada ternak.

Kegiatan pengendalian penyakit hewan harus selalu dilaksanakan, hal ini untuk menunjang upaya peningkatan produksi dan produktivitas ternak di Kabupaten Dairi serta mencegah terserang penyakit hewan menular. Karena peningkatan populasi hanya diperoleh dari induk dan pejantan yang sehat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed