by

BBPKH Cinagara Laksanakan Pelatihan Peternakan di Purbalingga

MARGOPOST.COM | Purbalingga – BBPKH Cinagara melaksanakan kegiatan pelatihan tematik yang diselenggarakan pada tanggal 27-30 Juni 2021, bertempat di Balai Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga. Pembukaan pada pelatihan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga (Mukodam, S.Pt.,M.M.), Subkoordinator Pelatihan Non Aparatur (Taufik Walhidayah, S.S.T.), Tenaga Ahli Anggota DPR RI (Yarianto, S.Sos., M.M.). Pada pembukaan tersebut juga disiarkan sambutan melalui siaran video dari Anggota DPR RI Komisi IV, Ir. KRT H. Darori Wonodipuro, M.M. Peserta pada pelatihan tersebut berjumlah 60 peserta (non aparatur). Tema pelatihan tersebut adalah “Pelatihan Kesehatan Hewan dan Peternakan Kambing Khas Kejobong”. Narasumber pada pelatihan tersebut adalah Kasi Produksi Peternakan Kab. Purbalingga (Mohamad Nur Asyik Udin, S.Pt.) serta dari BBPKH Cinagara yaitu Taufik Walhidayah, S.S.T., M.Pd., Didi Suryadi, S.S.T, dan Adi Rakhman, M.Si,. Metode pelatihan terdiri dari ceramah, diskusi, dan praktik lapang.


Kambing Khas Kejobong adalah kambing yang memiliki tetua yaitu Kambing Etawah dan Kambing Kacang, Kambing Kejobong memiliki ciri khas rangka yang relatif besar dan telinga yang relatif panjang menyerupai Kambing Etawah, serta warna rambut yang hitam menyerupai Kambing Kacang.
Praktik dilaksanakan dengan mengunjungi Peternakan Kambing Kejobong yang bernama Ngudi Dadi Farm di Desa Kedarpan. Pada praktik tersebut peserta melaksanakan praktik secara berkelompok membuat silase dan membuat mikroorganisme organik yang dapat digunakan untuk fermentasi hijauan maupun kotoran ternak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed